Proses Seleksi PPPK Pemko Pekanbaru Berjalan, Ini Pesan DPRD

Proses Seleksi PPPK Pemko Pekanbaru Berjalan, Ini Pesan DPRD

PEKANBARU - Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Zulkarnain berharap semua formasi yang tersedia dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemko Pekanbaru bisa terisi sesuai dengan kuota. Artinya, peserta diharapkan bisa memenuhi nilai ambang batas dari setiap tahapan tes yang ada.

"Dari laporan yang masuk ke kami, dari tiga formasi tersebut, justru tenaga teknis yang paling banyak diminati. Sementara animo PPPK guru dan kesehatan, tidak sesuai yang dibayangkan," kata Zulkarnain.

Ia mengatakan di PPPK Teknis membludak, dengan begitu persaingan di formasi ini sangat ketat, dan perlu kehati-hatian panitia saat melaksanakan tes peserta tersebut.

Politisi PPP ini juga meminta agar seluruh tahapan seleksi PPPK Pemko tahun ini tidak ada celah permainan oknum sedikit pun.

Apalagi, kata Zulkarnain, sebagus apapun sistem tes atau seleksi yang dibuat dipastikan ada saja calo yang ingin bermain.

"Untuk calo ini, Pemko harus waspada, dan pastikan tidak ada sama sekali," pintanya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 808 pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemko Pekanbaru tidak lolos administrasi atau gagal maju ke tahapan selanjutnya.

"Dari total 2.362 pelamar, 808 pelamar gagal administrasi. Selebihnya lolos," ujar Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Ahmad Nurdinsyah

Ia menyebut, hasil seleksi administrasi yang diumumkan hanyalah pelamar PPPK Tenaga Teknis dan Kesehatan. Sementara untuk PPPK Tenaga Guru sebanyak 567 pelamar tidak lagi diumumkan, lantaran tidak perlu dilakukan seleksi.

"Jadi yang lulus seleksi administrasi PPPK tenaga teknis ada 803 pelamar dari 1.510 pelamar. Sedangkan yang lulus PPPK kesehatan ada 184 pelamar dari 285 pelamar," cakap Akang, sapaan akrabnya.

Artinya untuk pelamar PPPK tenaga teknis ada yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 707 orang. Sedangkan 101 untuk formasi kesehatan juga TMS. Sehingga total pelamar PPPK Pemko Pekanbaru yang tidak memenuhi syarat ada 808 orang.
Nama pelamar yang tidak terdaftar dalam daftar hasil seleksi administrasi tersebut dinyatakan tidak lulus administrasi.

Selanjutnya, mereka yang tidak lulus akan memasuki masa sanggah mulai dari 19-21 Oktober. Kemudian akan ada jawaban masa sanggah dari 19-23 Oktober. Kemudian hasil pasca-masa sanggah itu akan diumumkan pada 22-28 Oktober. Kemudian penarikan data final akan dilakukan pada 29-31 Oktober.

"Setelah itu akan dilakukan penjadwalan seleksi kompetensi peserta yang lulus seleksi administrasi mulai 1-4 November," sebutnya.

Dikatakan Akang, untuk hasil seleksi administrasi pelamar PPPK Kota Pekanbaru diumumkan melalui website BKPSDM Kota Pekanbaru.

"Pengumuman hasil seleksi administrasi pelamar PPPK itu dapat dilihat di website https://bkpsdm.pekanbaru.go.id/portal/hasil-seleksi-admnistrasi-pppk-jafung-kota-pekanbaru-2023," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index