Jelang Pemilu 2024, Gubernur Riau: Waspadai Isu SARA

Jelang Pemilu 2024, Gubernur Riau: Waspadai Isu SARA

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengklaim telah melaksanakan persiapan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2014 di Provinsi Riau sesuai arahan Presiden.

"Alhamdulillah di Provinsi Riau sudah kita persiapkan itu, termasuk dalam hal pengamanan yang dilakukan oleh Polda Riau dan unsur terkait," kata Gubri, Jumat (20/10/2023).

Namun yang diperlu diantisipasi bersama adalah agar semua mewaspadai isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) yang pada akhirnya menodai pesta demokrasi di Riau.

"Ini perlu kita kelola dengan baik, jangan sampai mengganggu keamanan yang ada di wilayah Riau, termasuk konflik agama dan perbatasan," tegasnya.

Sebab Gubri berharap Pemilu 2024 mendatang di Bumi Lancang Kuning dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan, serta tanpa gangguan apapun.

"Mudah-mudahan pemilu berjalan dalam keadaan damai, aman dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama," tukasnya.

Adapun arahan Presiden terkait Pemilu 2014 diantaranya yaitu, pertama meminta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan seluruh kegiatan di semua tahapan memiliki pengaturan teknis dan koridor hukum yang jelas.

Arahan kedua, Presiden meminta jajaran KPU untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana logistik secara detail, efisien, dan transparan. Ketiga, Presiden menginstruksikan KPU untuk terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia (SDM) di setiap tingkatan.

Arahan keempat, Presiden meminta KPU untuk bekerja dengan efektif dan efisien, utamanya dalam mengelola anggaran pemilu. Kelima, Presiden menginstruksikan KPU untuk memperkuat pendidikan politik bagi para kontestan maupun masyarakat sekaligus melakukan pemilu damai, jujur dan berintegritas.

Berita Lainnya

Index