Hari Ini Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU Riau Dimulai

Hari Ini Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU Riau Dimulai

PEKANBARU - Pengumuman dan pendaftaran calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau resmi dibuka, Selasa (24/10/2023). Pendaftaran akan berakhir pada awal November 2023.

"Tahapannya, pengumuman dari 24 Oktober 2023 sampai 30 Oktober 2023 dan Pendaftaran 24 Oktober 2023 sampai 04 November 2023," kata Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) Muammar Alkadafi.

Setelah masa pengumuman pendaftaran ini, Timsel akan lakukan pencermatan berkas pada pendaftar. Nantinya, pengumuman administrasi diambil 20 kali kebutuhan, yakni 5 orang Komisioner.

"Artinya maksimal lulus administrasi 100 orang, jika lebih dari 100 orang, akan ada proses skorsing, pembobotan. Kalau pendaftar tidak lebih 100, tetap akan dilakukan skorsing akan ada perangkingan," kata Muammar.

Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi akan berlangsung pada 14 November 2023 sampai 16 November 2023. Selanjutnya akan ada tes selanjutnya, seperti CAT, Psikologi, tes kesehatan, serta wawancara.

Bagi peminat bisa mendaftarkan diri ke sekretariat Timsel di Hotel Aryaduta lantai 2. Untuk syarat pendaftaran bisa dicek di website resmi KPU Riau.

"Dokumen persyaratan diupload ke Siakba.kpu.go.id dan dokumen fisik bisa diantar ke sekretariat," kata dia.

Lanjut Muammar, Timsel bekerja hanya sampai menjaring 10 besar. Timsel lakukan penjaringan sampai Desember, dan sudah merekomendasikan 10 nama ke KPU RI.

"Selanjutnya, yang punya tugas untuk menetapkan kelulusan tentu KPU RI. Pelantikannya tentu sebelum tanggal berakhirnya masa jabatan komisioner sekarang. Tentu harus dilantik sebelum masa jabatan yang sekarang berakhir," kata dia.

Berita Lainnya

Index