Gubernur Syamsuar Cek Progres Pembangunan Quran Center dan RCH

Gubernur Syamsuar Cek Progres Pembangunan Quran Center dan RCH

PEKANBARU - Jelang berakhir masa jabatannya awal November 2023 mendatang, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan peninjauan Gedung Quran Center Riau dan Riau Creative Hub (RCH).

Orang nomor satu di Provinsi Riau itu melihat langsung progres proyek pembangunan kedua gedung yang dibangun bertahap itu pada Jumat (27/10/2023) sore.

Lokasi Quran Center berada di Jalan Sudirman Pekanbaru. Kedatangan Gubri Syamsuar didampingi oleh Kepala Cipta Karya Dinas PUPR-PKPP Riau Thomas Larfo Dimiera, Kepala Bagian Bina Mental Biro Kesra Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Sofwan Muhajir dan Direktur Maqari, Ustaz Mustafa Umar.

Di gedung tersebut Gubri Syamsuar berkeliling memeriksa satu persatu seluruh ruangan. Ruangan yang ada di gedung tersebut hampir rampung dikerjakan. Bahkan, sudah ada 20 kamar yang sudah selesai.

Meski begitu, masih ada kendala pada pengerjaan tower. Saat ini proses pengerjaannya masih terus digesa oleh Dinas PUPR Provinsi Riau.

"Di Quran Center ada terdapat 20 kamar. Nantinya, satu kamar itu bisa ditempati oleh 3 sampai 4 orang anak. Di Quran Center juga terdapat tiga taman, nanti bisa digunakan untuk para tahfizh quran belajar di taman itu,” kata Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PUPR-PKPP Riau, Thomas Larfo Dimiera.

Thomas mengaku ada kendala pengerjaan tower Quran Center. Namun pihaknya terus menggesa agar pembangunannya bisa diselesaikan secepatnya.

“Yang agak berat pengerjaannya itu masalah di tower, saat ini terus berlanjut dikerjaan. Mungkin sekitar seminggu atau dua minggu lagi bisa selesai,” jelasnya.

Setelah meninjau Quran Center, Gubri Syamsuar melanjuti peninjauan ke Riau Creative Hub (RCH) di Jalan Arifin Achmad Pekanbaru. Di lokasi ini Gubri didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, M Taufiq OH, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat.

Thomas Larfo Dimiera mengatakan, bahwa pengerjaan kedua gedung tersebut terus digesa. Saat ini, progres pembangunan Riau Creative Hub sudah mencapai 65 persen. Lalu untuk progres Quran Center Riau hampir rampung.

“Sekarang pembangunan Riau Creative Hub sudah 65 persen. Kemudian, untuk Quran Center Riau, Alhamdulillah sudah 85 persen,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkan dia, bahwa Gubernur Riau telah memberikan arahan, agar progres pengerjaan pembangunan dua gedung tersebut jangan sampai melewati tahun anggaran.

“Untuk peresmian [gedung] kita harus selesaikan dulu pembangunannya. Sesuai dengan kontrak Quran Center dan Riau Creative Hub ini berakhirnya pada bulan Desember, semoga bisa tercapai. Pesan dari Pak Gubernur tadi segera diselesaikan, jangan sampai melewati tahun anggaran,” pungkasnya.

Untuk diketahui, untuk pembangunan dua gedung itu, Pemprov Riau mengalokasikan anggaran secara bertahap. Tahap ketiga merupakan penyelesaian gedung.

Untuk pembangunan Quran Center Riau tahap pertama tahun 2021 anggaran yang dialokasikan Rp14,4 miliar. Lalu, pada tahap kedua senilai Rp22,2 miliar, kemudian, tahap ketiga mencapai Rp14.5 miliar.

Kemudian untuk RCH, pada tahap pertama tahun 2021 anggaran yang dialokasikan sebesar Rp7,7 miliar, tahap kedua senilai Rp5 miliar, kemudian tahap ketiga Rp27,7 miliar. Gedung ini nantinya difungsikan sebagai wadah untuk mempromosikan dan menampilkan produk-produk ekonomi kreatif (Ekraf).

Berita Lainnya

Index