Kepala Bapenda Sampaikan Kemudahan Penggunaan Smart Tax Pekanbaru untuk Bayar Pajak

Kepala Bapenda Sampaikan Kemudahan Penggunaan Smart Tax Pekanbaru untuk Bayar Pajak

PEKANBARU - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Alek Kurniawan menyampaikan kemudahan penggunaan Smart Tax Pekanbaru untuk masyarakat membayar pajak.

Hal ini disampaikan Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan saat didapuk menjadi narasumber Talk Show dalam acara REI Property Festival 2023 dengan tema "Kemudahan dan Kemurahan Layanan Pajak bersama Smart Tax Pekanbaru" yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahan Real Estate Indonesia DPD REI Riau, Kamis (2/11/2023).

Ia mengatakan, Smart Tax Pekanbaru adalah aplikasi mobile pelayanan pajak yang dikelola Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berbasis android dan app store untuk melayani pajak daerah.

Pada prinsipnya, aplikasi ini memfasilitasi pendaftaran dan pelaporan pajak daerah secara daring. Sehingga, wajib pajak atau masyarakat tidak perlu datang lagi ke kantor Bapenda.

"Dengan kemudahan ini diharapkan meningkatkan animo masyarakat dalam mendaftarkan objek pajak daerahnya, sehingga terciptanya optimalisasi penerimaan Pajak Daerah di Pekanbaru," ujar Alek Kurniawan.

Ia mengatakan dampak digitalisasi bagi perpajakan daerah memang sangat positif. Setidaknya tergambar dari realisasi kinerja pajak daerah yang menunjukkan pertumbuhan positif dari tahun ke tahun.

"Terlebih lagi pasca Covid-19, dengan pulihnya ekonomi, dukungan aplikasi smart tax memberikan kontribusi nyata untuk pertumbuhan PAD," cakapnya.

Ia tak menampik, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui layanan daring ini. Makanya, ia mengajak tim Bapenda senantiasa aktif mensosialisasikan, memberikan edukasi dan informasi tentang aplikasi smart tax kepada masyarakat.

Hal ini menurutnya telah ditunaikan timnya, secara daring melalui medsos Bapenda di facebook, Instagram, tiktok, portal website dan youtube.

Sementara secara luring, juga dilakukan melalui pendekatan edukasi talk show atau edukasi langsung dalam giat lapak darling (Layanan Pajak Daerah Keliling).

Alek juga mengajak masyarakat untuk dapat mampir ke stand Lapak Darling Bapenda yang juga berkontribusi pada giat REI Property Festival 2023 yang digelar selama lima hari yakni 1-5 November mendatang.

Adapun layanan yang ditawarkan Bapenda Pekanbaru dalam pameran REI ini adalah Pembayaran PBB, Pendaftaran PBB baru, konsultasi BPHTB dan pajak daerah lainnya. Adapun posisi Lapak Darling ini adalah di pintu masuk dekat Starbuck Coffee.

Berita Lainnya

Index