Riau Kokoh di Puncak Klasemen Porwil XI Sumatera

Riau Kokoh di Puncak Klasemen Porwil XI Sumatera

PEKANBARU, celotehriau.com - Provinsi Riau hingga saat ini masih kokoh di puncak klasemen sementara Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI.Hingga hari ini, Jumat (10/11/2023) tuan rumah sudah mengumpulkan 85 keping medali dengan rincian 36 emas, 16 perak dan 33 perunggu. Atas capaian ini, Riau berpeluang besar menjadi juara umum.

"Perolehan medali emas secara umum sampai hari ini Riau 36 emas, dibawah Riau itu ada Bangka Belitung 31 emas, dan daerah lainnya masih dibawah," ujar Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno pada konferensi pers yang digelar di Media Center, Jumat (10/11/2023).

Ia mengatakan sampai hari ini memang masih menyisakan beberapa Cabor yang belum selesai. Seperti catur, bola volley , sepak takraw dan juga sepakbola,

"Dari sisa pertandingan dan raihan medali saat ini, Riau masih punya peluang di nomor yang belum selesai, sedang Bangka Belitung dari beberapa babak penyisihan ataupun menuju babak final nanti tak punya potensi sebesar yang dimiliki Riau. Oleh karena itu kemungkinan besar, Riau akan jadi juara umum Porwil, hatrick yang diperoleh tiga kali berturut-turut jadi juara umum," Cakapnya.

"Selamat untuk atlet Riau, KONI dan Provinsi Riau sebagai juara umum," imbuhnya.

Lanjut Suwarno, dari peninjauan yang telah dilakukan untuk penampilan atlet memang secara prestasi yang menonjol tertumpu pada beberapa provinsi. Untuk Riau tertumpu pada Cabor renang. Dari 38 yang dipertandingkan, Riau meraih 23 emas.

Kemudian untuk atletik, dari 47 emas yang dipertandingkan tertumpu pada Bangka belitung yang meraih 27 emas, sedang untuk Wushu khususnya Santa didominasi oleh atlet Jambi. Sementara untuk sepaktakraw cukup merata, begitu juga cabang olahraga lain.

"Kita harap kedepan masing-masih harus bisa memprioritaskan Cabor unggulan yang ada di provinsi masing-masing, dihadapkan dengan keterbatasan dan kemampuan yang dimiliki oleh KONI Provinsinya. Sehingga nanti akan ada unggulan lain. Saya kira kalau didominasi oleh satu provinsi itu berarti provinsi lain dia tak punya kemampuan untuk itu,"sebutnya.

Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, menyampaikan rasa syukur terhadap perjuangan atlet-atlet Riau di hari-hari terlahir pertandingan Porwil. Terutama cabor renang, perenang putra dan putri Riau menunjukkan prestasi yang luar biasa.

Perjuangan tanpa menyerah ditunjukkan atlet Riau dengan berhasil menambah 6 medali emas di hari terakhir pertandingan renang Kamis (9/11/2023) kemarin. Tambahan 6 medali emas ini membuat Riau meninggalkan Bangka Belitung dari torehan medali sementara.

"Alhamdulillah perjuangan semua atlet kita luar biasa. Mereka mampu menambah medali emas bagi kontingen Riau. Renang itu melebihi target medali yang dipatokkan, total 23 medali emas yang mereka raih," ungkapnya.

Iskandar juga berterima kasih kepada dukungan masyarakat Riau yang ikut memberikan semangat kepada atlet-atlet Riau yang bertanding. Peluang Riau untuk memperkuat medali emas masih terbuka di beberapa cabor beregu.

"Kalau dihitung dari sisa pertandingan cabor pertandingan Porwil lainnya, Kita akan bisa menambah medali emas, dari cabor sepak takraw, catur. Cabor beregu peluang juga ada voli putra dan putri, termasuk sepakbola kita juga lolos semifinal mudah-mudahan menembus final," pungkasnya.(adv)

Berita Lainnya

Index