Muhammadiyah Riau Dukung Gagasan Plt Gubri dalam Membangun Riau

Muhammadiyah Riau Dukung Gagasan Plt Gubri dalam Membangun Riau

PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Edy Nasution menerima silaturahmi Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dan Ketua Muhammadiyah Riau beserta jajaran di Kediaman, Selasa (14/11/2023).

Saat berdiskusi dalam pertemuan tersebut, Edy Nasution menjelaskan bahwa Gubernur itu adalah perpanjangan tangan Pemerintah Pusat yang ada di daerah, artinya seorang Gubernur merupakan mata dan telinga Pemerintah Pusat.

Dikatakannya, bahwa fungsi seorang Gubernur adalah mengkoordinir seluruh kabupaten kota yang ada di daerah supaya bisa bersama-sama memiliki satu gerak langkah agar pembangunan di daerah bisa lebih efektif.

"Yang memiliki wilayah itu adalah Bupati dan Walikota. Mengacu pada ini, berarti  Gubernur itu lebih sebagai koordinator untuk mengkoordinir dan itu harus dilakukan bersama-sama," kata Edy Nasution.

"Dengan kerja sama tentu daerah ini lebih baik dan maju karena apa yang telah direncanakan bisa terwujud seperti yang diharapkan," imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa setiap Pemerintah Daerah memiliki suatu pandangan atau gambaran masa depan yang diinginkan untuk kemajuan wilayahnya. Diantaranya ada visi pembangunan bagi pemerintah daerah, rumusan strategi yang dilakukan mencapai kesejahteraan masyarakat.

Tentunya mencakup semua aspek pembangunan sesuai dengan potensi dan wilayah serta paradigma (cara pandang) pemerintahan dalam mengelola segenap sumber daya yang di milik daerah.

"Mewujudkan Riau yang berkeadilan, maju, berakhlak, berwawasan dan sejahtera, tentu diperlukan gagasan dan trobosan dalam arah pembangunan provinsi Riau yang bermuara pada pencapaian kesejahteraan yang berkeadilan bagi segenap masyarakat Riau secara berkelanjutan," pungkasnya.

Bersamaan dengan itu, Plt Gubri Edy Nasution juga memberikan pemaparan gagasan Riau membangun bersama berdasarkan konsepsi pembangunan berdasarkan tinjauan dan pandangan baru membangun Riau yang unggul.

Adapun konsepsi pembangunan Riau yang digagas Plt Gubernur Riau yaitu diawali dengan penyediaan pangan, layanan kesehatan, rumah layak huni, pendidikan dan pelatihan, lapangan pekerjaan dan ekonomi kerakyatan, infrastruktur untuk kemajuan ekonomi dan kehidupan masyarakat Melayu yang agamis.

Gagasan tersebut disambut baik oleh Rektor UMRI, Saidul Amin dan Ketua Muhammadiyah Riau, Dr. Hendri Sayuti karena apa yang menjadi gagasan Plt Gubernur Riau itu sangat membawa dampak positif untuk kemajuan daerah.

"Pada intinya kami siap mendukung dan membantu apa yang pak Gubernur perlukan untuk kemajuan Riau di masa yang akan datang," ucap Rektor UMRI Saidul Amin.

Berita Lainnya

Index