Dihadiri Sekjen Kemendagri, SF Hariyanto Kukuhkan Pengurus Forsesdasi Komwil Kabupaten Kota se-Riau

Dihadiri Sekjen Kemendagri, SF Hariyanto Kukuhkan Pengurus Forsesdasi Komwil Kabupaten Kota se-Riau

PEKANBARU - Pengurus Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Komisariat Wilayah (Komwil) Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau tahun 2023 telah resmi dikukuhkan di Hotel Grand Elite Pekanbaru, Jumat (24/11/2023) malam.

Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Sekdaprov Riau SF Hariyanto yang juga menjabat sebagai Dewan Pengurus Komwil Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan rapat kerja Sekda se-Provinsi Riau, sekaligus seminar dengan tema "Peran Sekda menghadapi Pemilu/Legislatif/Kepala Daerah 2024 dan Peluang Sekda sebagai Penjabat Kepala Daerah".

"Alhamdulillah Forsesdasi Komwil Kabupaten Kota se-Riau telah dikukuhkan. Saya percaya pengurus yang dilantik mampu jalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang telah diamanahkan dalam rangka mewujudkan visi dan misi Forum Sekretaris Daerah seluruh Indonesia," ucapnya.

SF Hariyanto mengatakan, dibentuknya pengurus Forsesdasi sebagai wadah strategis bagi seluruh Sekda untuk berpartisipasi aktif dalam perumusan kebijakan nasional.

Terkait dengan pemerintahan daerah sekaligus menjadi sarana saling bertukar pengalaman dan bertukar informasi dalam rangka mendukung mensukseskan visi dan misi kepala daerah. Adapun visi sesuai yang sudah tertuang dalam anggaran dasar yakni bersatu padu menuju aparatur profesional dalam rangka mewujudkan otonomi daerah.

"Sedangkan misinya itu sebagai pemersatu NKRI berpartisipasi dalam perumusan kebijakan nasional di bidang penyelenggaraan pemerintah daerah," sebutnya.

Selain itu, lanjut SF Hariyanto, tugas Forsesdasi juga melaksanakan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplikasi antara strata pemerintahan dan antara daerah berperan aktif dalam mewujudkan otonomi daerah dan mengelola sumber daya ASN secara profesional.

Dengan visi dan misi proses tersebut, Forsesdasi diharapkan mampu mendukung dan mensukseskan tugas-tugas kepala daerah dengan baik dalam penerapan kebijakan pemerintah pusat terkait reformasi birokrasi.

Kemudian pengentasan kemiskinan investasi intervensi, intervensi stunting, penggunaan produk dalam negeri, serta akselerasi digitalisasi administrasi pemerintah dengan membangun konektivitas dan sinkronisasi dengan pemerintah pusat.

"Tantangan saat ini ialah bagaimana mencari rumusan jawaban atas berbagai isu strategis pembangunan nasional dan daerah. Namun meskipun demikian, kami yakin bersama kita dapat menunjang keberhasilan pembangunan nasional seperti yang kita harapkan bersama," katanya.

Forsesdasi Komwil Kabupaten dan Kota se-Riau diketuai oleh Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Pengukuhan ditandai dengan penyematan pin kepada seluruh pengurus sekaligus penyerahan bendera pataka.

Bersamaan dengan itu, Indra Pomi Nasution selaku ketua Forsesdasi Komwil Kabupaten Kota se-Riau menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diamanahkan.

"Atas kepercayaan yang telah diberikan, saya mengucapkan terima kasih, semoga Forsesdasi Komwil Kabupaten Kota se-Riau dapat kita kelola sesuai dengan fungsi kewadahannya," ucap Indra Pomi Nasution.

Indra Pomi memohon arahan dan bimbingan dari Sekjen, Gubernur dan Walikota serta Bupati/Walikota se-Provinsi Riau agar forum tersebut menjadi wadah kunci pemimpin perubahan bagi aparatur sipil negara di daerah.

Indra Pomi Nasution menyampaikan, Forsesdasi Komwil Kabupaten Kota se-Riau menjadi wadah strategis bagi seluruh Sekda untuk dapat berpartisipasi dalam membantu pemerintah daerah dan pemerintah pusat, dalam merumuskan kebijakan daerah maupun nasional terkait dengan pemerintahan daerah.

Selaku Ketua Forsesdasi Komwil Kabupaten Kota se-Riau Indra Pomi sangat berkeyakinan akan mampu mengurai dan mengembang tugas yang berat didaerah masing-masing.

"Forsesdasi Komwil Kabupaten Kota se-Riau menjadi wadah kita bertukar ide dan pengalaman, berkomunikasi dan berkoordinasi dalam rangka mensukseskan tugas pokok dan fungsi Sekda dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta meningkatkan mensejahterakan masyarakat di daerah," terangnya.

Kemudian Indra Pomi Nasution juga mengajak seluruh Sekda yang tergabung
Forsesdasi untuk saling mengingatkan, berkomunikasi dan meningkatkan kerjasama untuk mensukseskan tugas keseharian dalam rangka memajukan daerah.

"Agar daerah kita dapat duduk sama rendah tegak sama tinggi dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Untuk itu mari kita rapatkan barisan, kita perkokoh persatuan, bekerja keras, bulatkan tekad, saling membantu dan dan bersatu pada penyelesaian berbagai persoalan daerah secara bersama-sama," tutupnya.

Saat pengukuhan hadir juga Sekretaris Jenderal (Sekjen)Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro, Pj Kota Pekanbaru Muflihun, Sekda Kabupaten Kota Se Provinsi Riau serta tamu undangan lainnya.

Berita Lainnya

Index