Perolehan Pajak Daerah di Pekanbaru Capai Rp712 Miliar

Perolehan Pajak Daerah di Pekanbaru Capai Rp712 Miliar
Alex Kurniawan

PEKANBARU - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru mencatat, hingga pertengahan November 2023 capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak daerah sudah Rp712 miliar.

"Capaian pajak kita sudah sekitar Rp712 miliar, dari target kita Rp838 miliar," ujar Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan, Sabtu (25/11/2023).

Ia mengatakan, dari total capaian itu, beberapa objek pajak di antaranya sudah melebihi dari target yang ditetapkan. "Yang sudah over target itu ada tiga atau empat objek pajak. Ada pajak reklame, sarang burung walet, pajak minerba (mineral bukan logam dan bangunan), itu over," sebutnya.

Kata Alek, dengan waktu yang tersisa jelang akhir tahun ini, ia tetap optimis bisa mencapai target yang telah ditentukan. Menurutnya, pajak itu dapat dicapai tergantung pada wajib pajaknya.

"Target kita Rp838 miliar. Mudah-mudahan bisa tercapai, tentunya dengan usaha wajib pajak yang taat bayar pajaknya. Ini semua kan tergantung wajib pajaknya, bagaimana dengan waktu pembayarannya, tepat waktu, taat bayar pajaknya dan sesuai kondisi riilnya," cakapnya.

Ia menyebut, secara keseluruhan target pajak tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Begitu juga dengan capaian pajak tahun ini harus lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu itu kan capaian kita 96 persen dari target, kita prediksi atau kita targetkan tahun ini paling tidak di atas 96 persen," ucapnya.

Ia menilai, secara keseluruhan dari objek pajak pasti ada yang over target. Karena capaian objek pajak lainnya, saat ini ada yang sudah mencapai 98 persen dan 94 persen.

Namun begitu, ia juga tidak menampik ada objek pajak yang capaiannya masih rendah seperti PBB yang masih di angka 61 persen.

"Nah ini kan berkaitan langsung dengan masyarakat. Bagaimana masyarakat mau membayar PBB-nya, makanya kita minggu lalu membuat stimulus berupa hadiah umrah bagi warga yang taat bayar pajak," terangnya.

Makanya, untuk meningkatkan capaian PAD dari pajak, ia mengimbau agar masyarakat mau membayar pajak. Ia menegaskan, pajak merupakan kewajiban masyarakat.

Berita Lainnya

Index