Musim Hujan, Diskes Pekanbaru Himbau Warga Waspadai BDB

Musim Hujan, Diskes Pekanbaru Himbau Warga Waspadai BDB
Ilustrasi

PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, mengimbau warga untuk mewaspadai Demam Berdarah Dengue (DBD) mengingat saat ini wilayah setempat mulai memasuki musim hujan.

Untuk itu, warga diajak menjaga kebersihan rumah dan lingkungan dengan cara menerapkan 3M plus yakni menguras dan menutup tempat penampungan air, serta memanfaatkan kembali barang-barang bekas.

"Sehingga tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (29/11).

Ia menyampaikan, untuk kasus DBD tahun ini hingga pekan ke-47 sudah berjumlah sebanyak 257 kasus yang tersebar di 15 kecamatan dengan penderita terbanyak tercatat di Kecamatan Maproyan Damai berjumlah 44 kasus.

Kemudian disusul Payung Sekaki 34 kasus, Tenayan Raya 31, Rumbai 27 kasus, Bukit Raya 22, Tuah Madani 21, Rumbai Timur dan Bina Widya masing-masing 15 kasus, Sukajadi 11, Lima Puluh 9, serta di Kecamatan Kulim 8 kasus. Selanjutnya di Kecamatan Rumbai Barat dan Pekanbaru Kota masing-masing 6 kasus, serta di Kecamatan Senapelan dan Sail masing-masing 4 kasus.

Dikatakan Zaini, jika dibandingkan dengan 2022 lalu, penderita DBD tahun ini mengalami trend penurunan.

"Tahun lalu di minggu ke- 46 terdapat penambahan sebanyak 12 kasus dan di pekan ke- 47 bertambah 5 kasus. Sedangkan di tahun 2023 pada pekan ke-46 penambahan hanya 5 kasus dan di pekan ke-47 hanya 2 kasus. Namun begitu DBD harus tetap diwaspadai," tutupnya.

Berita Lainnya

Index