Tiga Pejabat yang Didemosi HM Adil Kembali Dilantik Jadi Kepala OPD

Tiga Pejabat yang Didemosi HM Adil Kembali Dilantik Jadi Kepala OPD

MERANTI - Tiga pejabat eks Kepala OPD di Kepulauan Meranti yang dulu didemosi HM Adil hingga nonjob kembali dilantik. Mereka kembali diamanahkan jadi kepala OPD pada zaman Plt Bupati AKBP (Purn) H Asmar.

Tiga pejabat tersebut antara lain, Ery Suhairi, Agusyanto Bakar dan Asroruddin. Ketiganya dilantik langsung oleh Plt Bupati Asmar di rumah dinas Jalan Dorak Selatpanjang, Kamis (7/12/2023). Selain tiga orang ini, juga dilantik dua orang pejabat fungsional di Setda, Pradnya Paramita SP dan Yuli Hermansyah Putra ST.

Usai pelantikan, Asmar mengaku perjuangannya untuk tiga orang pejabat yang baru dilantik telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu (ke KASN). Sebab, sebelumnya diduga proses mendemosi ketiganya oleh HM Adil tidak sesuai aturan berlaku.

"Saya sudah perjuangkan mereka ke KASN. Alhamdulillah ditanggapi. Mereka ini kan sudah mau pensiun (Ery Suhairi dan Asroruddin), alhamdulillah tak jadi dan ditambah dua tahun karena nonjob mereka kemarin batal demi hukum," ujar Asmar.

Terkait lokasi pelantikan di rumah dinas bupati bekas kasus OTT HM Adil oleh KPK, Asmar mengaku tak ada pesan khusus yang tersirat. Sebab menurut dia, aula gedung hijau yang biasa dipakai untuk berbagai kegiatan saat ini sedang direnovasi.

"Pelantikan kita lakukan di sini karena aula gedung hijau lagi direnovasi, atapnya bocor," beber Asmar.

"Momennya sangat baik. Itu tempat salat berjamaah, mudah-mudahan ada hikmah untuk kita semua," tambah Asmar.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Asmar berpesan agar bekerja dengan baik. Dia minta pejabat Kepulauan Meranti amanah, jujur dan ikhlas dalam bekerja. Pejabat juga ditegaskan agar jangan berfikir yang tidak-tidak dan fokus membangun Meranti agar maju, cerdas dan bermartabat.

Ery Suhairi dilantik menjadi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Agusyanto Bakar Kepala Dinas Perhubungan sedangkan Asroruddin Kepala Dinas PMD.

Sebagaimana diketahui. Sebelum ini ketiga pegawai tersebut telah menempati posisi sebagai pejabat Eselon II. Pada pelantikan Desember 2021, HM Adil (bupati nonaktif) mendemosikan ketiganya.

Asrorudin sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan, dilantik menjadi Kabid Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup. Ery Suhairy dari Sekretaris DPRD menjadi Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD. Terakhir, Agusyanto dari Kadis Sosial menjadi Kabid Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH.

Tak lama setelah itu, sekitar 3 bulan paska didemosi, ketiganya dinonjobkan. Ini terjadi pada pelantikan tanggal 9 Maret 2022.

Ketiga ASN itu dan beberapa lainnya yang merasa janggal atas proses demosi dikabarkan sempat melakukan banding ke KASN. Banding itu baru nampak titik terangnya setelah pimpinan di Kota Sagu berganti paska HM Adil ditangkap KPK dan dia digantikan oleh wakilnya AKBP (Purn) H Asmar.

Berita Lainnya

Index