Bapenda Pekanbaru Gesa Pendapatan hingga Rp 100 Miliar Jelang Akhir Tahun 2023

Bapenda Pekanbaru Gesa Pendapatan hingga Rp 100 Miliar Jelang Akhir Tahun 2023

PEKANBARU - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru akan menggesa pendapatan dari pajak daerah hingga Rp 100 miliar. Pendapatan dari pajak daerah di Kota Pekanbaru harus digesa agar mencapai target tahun ini.

"Ini masih ada potensi kita sekitar 80 miliar sampai 100 miliar, kita usahakan untuk sampai dengan tutup tahun," jelas Sekretaris Bapenda Kota Pekanbaru, Ade Rinaldi.

Pada bulan Desember ini tim Bapenda Kota Pekanbaru berupaya untuk menggenjot pendapatan pajak daerah dari berbagai sektor. Mereka berupaya menggenjot pendapatan agar bisa mencapai target pajak daerah tahun ini.

Target pajak daerah tahun ini mencapai Rp 838 miliar. Sedangkan pendapatan daerah dari pajak daerah di awal Desember ini sudah Rp 723 miliar. 

Mereka harus mengejar pajak daerah sekitar Rp 100 miliar lagi untuk mencapai target tersebut. Namun pendpatan pajak daerah kali ini mengalami tren positif.

Capaian ini meningkat dibanding periode yang sama pada tahun 2022 lalu. Terbukti, pada tahun lalu hingga Desember saja capaian pajak daerah hanya Rp 712 miliar.

Ade merinci bahwa pendapatan dari pajak daerah masih didominasi oleh BPHTB. Capaian pajak daerah dari sektor BPHTB yakni Rp 182 miliar.

Kemudian pendapatan pajak daerah dari PBB sektor perkotaan mencapai Rp 148 miliar. Ada juga pajak restoran yang mencapai Rp 127 miliar serta pajak penerangan jalan.

Dirinya mengaku di PBB sektor perkotaan mengalami kendala karena masih ada tagihan yang tertunggak. Mereka pun melakukan sosialisasi agar masyarakat untuk segera membayar PBB.

Berita Lainnya

Index