Gubri Edy Nasution Paparkan 5 Poin Penting Kebijakan APBN 2024

Gubri Edy Nasution Paparkan 5 Poin Penting Kebijakan APBN 2024

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution menjelaskan bahwa APBN 2024 memiliki peran penting dalam menghadapi berbagai tantangan, ancaman, dan guncangan yang mengancam perekonomian dan masyarakat, seperti seperti pandemi, krisis energi dan pangan, gejolak ekonomi keuangan dunia, serta guncangan lainnya. 

Hal tersebut disampaikan Gubri dalal acara penyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran (TA) 2024 di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Senin (11/12/2023). 

APBN 2024, sebutnya, menjadi instrumen dalam mencapai target-target yang ditetapkan, seperti menghilangkan kemiskinan ekstrem untuk mendekati 0 persen, penurunan stunting menjadi 14 persen, penurunan tingkat pengangguran menjadi 5,0 hingga 5,7 persen, angka ketimpangan menjadi 0,374 hingga 0,377 dan peningkatan indeks pembangunan manusia meningkat 73,99 hingga 34,02. 

Untuk itu, Gubri Edy Nasution menyusun lima poin penting kebijakan utama dalam APBN 2024, diantaranya, pertama, perbaikan kualitas sumber daya manusia, dengan menghapus kemiskinan ekstrem, menurunkan peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan. 

"Kedua, percepatan transformasi ekonomi hijau, melalui hilirisasi sumber daya alam bervitalisasi industri, penguatan ekonomi hijau, serta reformasi struktural," jelasnya. 

Ketiga, pemberian subsisdi dan bantuan sosial yang tepat sasaran, dengan peningkatan akurasi data perbaikan, mekanisme penyaluran, dan sinergi dalam hal program. Keempat,  penguatan sinergi anggaran pusat dan daerah, dengan menyusun kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal berdimensi regional dan sinkronisasi belanja pusat dan daerah. Serta kelima peningkatan efisiensi belanja negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan pemerataan pembangunan, baik antar golongan maupun antar wilayah. 

"Kelima fokus tersebut diharapkan bisa tercapai melalui sinergi yang harmonis antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah di setiap levelnya," pungkas Gubri Edy Nasution. 

Berita Lainnya

Index