Dispusip Pekanbaru Sosialisasi 5 Program Prioritas Pj Wali Kota Bagi Masyarakat

Dispusip Pekanbaru Sosialisasi 5 Program Prioritas Pj Wali Kota Bagi Masyarakat

PEKANBARU - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Erna Juita mengatakan, masyarakat wajib tahu lima program prioritas Pj Wali Kota Pekanbaru yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat di Kota Pekanbaru.

Oleh karenanya, Dispusip Kota Pekanbaru juga berperan membantu mensosialisasikan program-program tersebut kepada masyarakat, dimulai dengan pegawai-pegawai di lingkungan Dispusip Kota Pekanbaru.

"Kepada pegawai-pegawai di Dispusip Kota Pekanbaru kita melakukan sosialisasi, agar mereka bisa mengetahui manfaat dari setiap layanan dan menginformasikan kembali kepada keluarga dan masyarakat sekitar," ujarnya.

Menurut Erna, literasi informasi berperan penting dalam mendukung berjalannya lima program Pj Wali Kota kedepannya. Maka dalam rapat koordinasi tahun 2024 yang dilaksanakan pada 4-5 Januari oleh seluruh ASN dan THL Dispusip Kota Pekanbaru, salah satunya diharapkan dapat mendukung dan menyampaikan informasi secara benar dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

Sehingga implementasi dari program ini benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya.

Adapun lima program tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Program Kurma Manis (Kunjungan Rumah Hidup Sehat)/ Docter On Call

Layanan Doctor On Call sudah beroperasi sejak 30 Januari 2023, program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal akses pelayanan kesehatan. Konsep “Jemput Bola” dokter yang mendatangi pasien ke rumah dengan menelepon call center 112 / 0851 0731 1234.

2. Program Bantuan Pendidikan / Beasiswa Diploma III dan Strata I

Pemko Pekanbaru mengalokasikan bantuan beasiswa sebesar Rp2 miliar kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan mahasiswa berprestasi pada tahun 2023. Setidaknya ada lebih dari 600 mahasiswa yang mendaftarkan diri dan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan beasiswa.

Pendaftaran diajukan secara online melalui https://beasiswa.pekanbaru.go.id

Informasi lebih lanjut 0851 7959 6007

3. Program Subsidi Bunga Pinjaman bagi Pelaku Usaha Mikro

Pemerintah Kota Pekanbaru telah meresmikan program program subsidi bunga pinjaman bank di Sukaramai Trade Center (STC) pada Januari 2023 lalu. Sebanyak 1.111 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menerima subsidi tersebut.

info lebih lanjut : [email protected] / 0822 7481 6665

4. Program Santunan Kematian bagi Masyarakat Kurang Mampu

Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Sosial memberikan bantuan santunan kematian sebesar Rp1 juta kepada masyarakat miskin. Program ini telah dijalankan oleh 15 Pemda yang ada di Indonesia, termasuk Kota Pekanbaru.

info lebih lanjut : [email protected] / 0831 7121 3967Program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah / Universal Health Coverage (UHC)

5. Program UHC bertujuan untuk memberikan jaminan pembiayaan kesehatan secara gratis bagi masyarakat hanya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), melalui segmen peserta Pemda ke BPJS Kesehatan.

Berita Lainnya

Index