Kapolda Riau Deklarasikan Tertib Berlalu Lintas untuk Wujudkan Pemilu Damai 2024

Kapolda Riau Deklarasikan Tertib Berlalu Lintas untuk Wujudkan Pemilu Damai 2024

PEKANBARU - Ditlantas Polda Riau menggelar Deklarasi Bersama Tertib Berlalu Lintas untuk mewujudkan Pemilu damai yang berkeselamatan. Acara tersebut digelar di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Ahad (21/1/2024).

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menjelaskan, deklarasi ini bertujuan menciptakan cooling system dan suasana sejuk dalam tahapan kampanye terbuka Pemilu 2024 yang mulai digelar hari ini.

"Ini hari pertama kampanye di ruang terbuka. Oleh karena itu kami semua Forkopimda hari ini kita mengajak perwakilan dari Partai Politik, simpatisan, relawan seluruhnya mendeklarasikan kampanye tertib berlalu lintas dalam rangka mewujudkan Pemilu Damai 2024," ucap Iqbal.

Dia berharap, kepada Polda Riau dan jajaran termasuk pihak terkait agar dapat jemput bola untuk mendidik dan mengedukasi massa dapat berkampanye dengan tertib dan damai.

"Semoga yang kita inisiasi bersama ini dapat mewujudkan pemilu damai berkeselamatan, Tidak ada konflik, tidak ada kecelakaan," pungkasnya.

Di akhir deklarasi, seluruh perwakilan partai politik menandatangani papan deklarasi bersama yang telah disiapkan. Ada beberapa poin yang disepakati dalam dekralasi ini, pertama, mewujudkan pemilu damai yang berkeselamatan tahun 2024 dengan selalu mematuhi dan mentaati peraturan berlalu lintas.

Kedua, berperilaku tertib dan tidak arogan saat berkonvoi menuju lokasi kampanye serta selalu menjaga keselamatan pengguna jalan lain. Lalu, menggunakan helm standar nasional indonesia (SNI), tidak berboncengan lebih dari satu orang serta tidak menggunakan knalpot brong saat menggunakan sepeda motor.

Keempat, tidak menggunakan mobil angkutan barang atau kendaraan bak terbuka untuk membawa peserta kampanye. Tidak akan melibatkan anak-anak dibawah umur dalam pelaksanaan kampanye dan konvoi dijalan.

Terakhir, senantiasa mengimbau kepada massa pendukung ban simpatisan untuk berperilaku tertib berlalu lintas di jalan.

Berita Lainnya

Index