Tim Pansel Ajak Kandidat Segera Mendaftar Seleksi Calon Dirut BRK Syariah

Tim Pansel Ajak Kandidat Segera Mendaftar Seleksi Calon Dirut BRK Syariah
Ilustrasi

PEKANBARU - Tim Pansel pengisian jabatan Direktur Utama dan calon Direktur Pembiayaan Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) mengajak para kandidat yang memenuhi syarat dan kriteria agar segera mendaftar dalam seleksi ini. Sebab hingga hari keenam pendaftaran dibuka, seleksi pengisian jabatan Dirut BRK Syariah masih sepi peminat.

"Sampai hari ini belum ada yang masuk," kata Ketua Tim Pansel yang juga Asisten II Setdaprov Riau, M. Job Kurniawan, Selasa (23/1/2024).

Seperti diketahui pendaftaran seleksi Calon Dirut BRK Syariah resmi dibuka, Kamis (18/1/2024) lalu. 

Asisten II Setdaprov Riau mengungkapkan, belum adanya peserta yang mendaftar, kemungkinan para kandidat yang akan mengikuti seleksi masih melengkapi berkas-berkas yang sudah ditetapkan.

Sebab ada beberapa persyaratan yang membutuhkan waktu utnuk mengurus kelengkapan administrasi nya.

"Seperti untuk pengurusan surat sehat jasmani, surat sehat rohani dan SKCK itu kan butuh waktu," ujarnya.

Job mengatakan, untuk pendaftaran seleksi Calon Dirut BRK Syariah ini akan dibuka selama 8 hari hingga 26 Januari 2024 mendatang.

"Pengumuman pendaftaran calon Dirut BRK Syariah dan Direktur Pembiayaan sudah kami umumkan, hari ini di web brksyariah.co.Id. Untuk pendaftaran kami buka mulai besok tanggal 19 Januari hingga 26 Januari. Persyaratan ada di pengumuman yang telah di keluarkan,” ujarnya.

Dijelaskan Asisten II Setdaprov Riau ini, setelah pendaftaran ditutup tanggal 26 Januari, Pansel akan mengumumkan peserta yang lulus administrasi pada tanggal 2 Februari 2024.

Kemudian, bagi peserta yang dinyatakan lulus administrasi selanjutnya akan mengikuti seleksi Uji Kompetensi dan Kelayakan (UKK).

Dijelaskan dia, bahwa untuk pelaksanaan UKK dimulai tanggal 5 Februari sampai dengan 21 Februari 2024. Pengumuman hasil UKK 27 Februari dan tes wawancara akhir 29 Februari.

"Hasilnya nanti diserahkan kepada pemegang saham untuk selanjutnya ditetapkan di RUPS BRK Syariah,” jelas M Job.

Selain M. Job Kurniawan , tim Pansel yang akan menyeleksi calon Dirut BRK Syariah ini beranggotakan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau Evarefita, Asisten II Pemprov Kepri, Luki Zaiman Prawira serta dua orang dari kalangan akademisi, yakni Prof Rita Anugerah dan DR. Azharuddin

Sebagai informasi, tim Pansel ini dibentuk menyusul ditolaknya hasil seleksi sebelumnya. Berdasarkan hasil rapat pemenang saham sepakat menolak calon tunggal yang diusulkan oleh Gubernur Riau Syamsuar saat itu yakni Hendra Buana.

Dengan ditolaknya calon tunggal yang diusulkan oleh Gubri Syamsuar saat itu maka untuk pengisian jabatan direktur utama terpaksa dilakukan seleksi ulang dari awal.

Job mengungkapkan, untuk pengisian jabatan direktur utama BRK Syariah akan dibuka ulang kembali. Sehingga tahapannya dimulai dari awal.  

Mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi uji kompetensi dan kepatuhan hingga pengajuan ke gubernur dan dibawa ke RUPS kembali.

"Tapi untuk seleksi kali ini ada dua yang akan dibuka seleksi, selain posisi direktur utama juga ada posisi direksi yang akan dibuka seleksinya," katanya.

Jabatan direksi yang akan dibuka seleksi nya tersebut adalah untuk posisi Direktur Pembiayaan BRK Syariah, Tengku Irawan yang sudah habis masa jabatannya. 

Berita Lainnya

Index