Pusat Kirim 3.800 Paket Makanan Siap Saji untuk Korban Banjir Riau

Pusat Kirim 3.800 Paket Makanan Siap Saji untuk Korban Banjir Riau

PEKANBARU - Untuk membantu korban banjir di Provinsi Riau, Pemerintah Pusat mengirimkan bantuan makanan siap saji dan perlengkapan tidur serta saranan pendukung lainnya.

Informasi demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau, Zulfadli, Senin (29/1/2024). Dia mengatakan hingga saat ini bantuan makanan siap saji untuk korban banjir di Riau yang bersumber dari APBN sudah mencapai 3.800 paket.

"Alhamdulillah untuk membantu korban banjir kita mendapat bantuan makanan siap saji dari pusat sebanyak 3.800 paket. Kemudian tenda gulung sebanyak 290 lembar, kasur merah 245 lembar dan family kit 150 paket," kata Zulfadli, Senin (29/1/2024).

Selain itu, lanjut Zulfadli, Pemerintah Pusat melalui dana APBN juga mengirimkan bantuan peralatan dapur umum keluarga sebanyak 60 paket.

"Bantuan itu untuk lima daerah di Riau yang terdampak bankir, yakni Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Pelalawan," sebut mantan Kepala Dinas Perkebunan Riau ini.

Selain melalui Dinas Sosial Riau, diketahui bantuan dari Pemerintah Pusat juga ada yang disalurkan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Dimana Pemerintah Pusat mengirimkan bantuan makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil korban banjir di Riau.

"Alhamdulillah bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sudah datang dan sudah kita terima dari Kemenkes. Bahkan sebagian bantuan tersebut sudah kita salurkan ke daerah terdampak banjir," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto.

Pria yang akrab disapa dokter Ibeng ini mengatakan, usulan bantuan makanan tambahan itu lantaran kabupaten kota terdampak banjir meminta bantuan PMT untuk balita dan ibu hamil.

Ibeng menjelaskan, bantuan tambahan makanan balita dan ibu hamil itu sudah di distribusikan ke daerah terdampak banjir, seperti Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, dan terakhir di Kabupaten Rokan Hilir.

"PMT balita dan ibuk hamil itu seperti biskuit susu. Untuk jumlah bantuan yang kita terima saya tidak ingat datanya. Yang jelas usulan kita sudah direspon Kemenkes, karena ketersediaan di pusat masih ada," sebut Ibeng.

Untuk ditahui, hingga saat ini jumlah pengungsi akibat banjir di Riau sebanyak 4.706 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah jiwa yang mengungsi sebanyak 17.733 jiwa. Sementara untuk rumah yang terdampak banjir sebanyak 56.520 unit, fasilitas kesehatan 22 unit dan fasilitas pendidikan sebayak 109 unit serta 134 titik fasilitas umum.

Berita Lainnya

Index