Pemko Pekanbaru Siapkan Puluhan Tenant di Taman Labuai

Pemko Pekanbaru Siapkan Puluhan Tenant di Taman Labuai

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyediakan tempat bagi UMKM di kawasan Taman Labuai, Jalan Jenderal Sudirman. Ada sekitar 50 tenant yang akan disiapkan untuk ditempati UMKM.

Taman Labuai yang kini masih dalam tahap revitalisasi itu, akan dijadikan sebagai salah satu pusat UMKM di Pekanbaru. Para pedagang kuliner akan ditempatkan di kawasan tersebut.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, saat ini lokasi Taman Labuai sedang direvitalisasi. Nantinya, lokasi itu akan ditempati oleh para pedagang kuliner dengan tenant yang telah disediakan.

"Kami ingin menjadikan Taman Labuai itu bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam. Kami menyediakan sekitar 50 tempat bagi pedagang UMKM," ujar Muflihun, Jumat (02/02/2024)

Dikatakannya, Pemko Pekanbaru tengah berkomitmen untuk meningkatkan geliat UMKM. Ia menilai, UMKM adalah roda penggerak ekonomi bagi masyarakat dan Pemko Pekanbaru.

"Upaya meningkatkan geliat UMKM tersebut ialah dengan membangun fasilitas-fasilitas yang diperlukan. Kami juga berupaya membentuk pusat-pusat kuliner dan UMKM di sejumlah lokasi," katanya.

Ia menyebut, dalam pengembangan kawasan itu, Pemko Pekanbaru melibatkan Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta dinas-dinas terkait lainnya. Sehingga, perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan kepariwisataan ikut mempromosikan pusat-pusat UMKM tersebut.

Penataan taman yang berlokasi di samping Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman tersebut dilakukan sejak tahun 2023 lalu. Namun, Pemko Pekanbaru baru menyelesaikan penataan fisik karena keterbatasan anggaran tahun lalu.

"Jadi tahun 2024 ini akan kita selesaikan untuk menjadikan Taman Labuai ini sebagai pusat kuliner dan UMKM," sebutnya.

Dijelaskannya, bahwa pusat kuliner tersebut nantinya fokus untuk wisata kuliner malam. Tujuannya untuk menjadi sasaran wisatawan yang datang dari luar Kota Pekanbaru, apabila ingin menikmati suasana malam Kota Bertuah.

"Konsepnya adalah lokasi kuliner malam, jadi kalau ada tamu-tamu kita dari luar kota bisa nongkrong di sana malam hari, ngopi dan menikmati suasana malam," ungkapnya.

Berita Lainnya

Index