Cegah Penyimpangan, Polda Riau Awasi Penyaluran Bansos di Bengkalis

Cegah Penyimpangan, Polda Riau Awasi Penyaluran Bansos di Bengkalis

PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengawasi penyaluran dana bantuan sosial (bansos) tahun 2024 di Kabupaten Bengkalis. Upaya ini untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan bantuan tepat sasaran.

Tim Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau datang ke Kantor Lurah Talang Mandi, Kecamatan Mandau untuk melihat langsung penyaluran bansos, Selasa (6/2/2024).

"Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan penyaluran bansos tepat sasaran dan tidak terjadi penyimpangan, khususnya menjelang Pemilu 2024," ujar Kasubdit Tipikor Kompol Gede Prasetia Adi Sasmita, Rabu (7/2/2024).

Gede Adi mengatakan pengawasan dilakukan bersama Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial, Yuda Prasetia Utama, Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial, Ade Zul Afandi.

Kemudian ada juga perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Riau, Henri Mardani dan Kasi Pendampingan dan Pemberdayaan Surya, pihak BNI 46 Cab Dumai diwakili Pimpinan KCP Duri, Raspurta Dewara beserta staf, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Talang Mandi, Mandau.

"Kita melakukan monitoring pelaksanaan penyaluran dana tunai dan non tunai dari Dinas Sosial oleh Bank BNI kepada masyarakat yang kurang mampu di Desa Bathin Bertuah, Desa Harapan Baru, dan Kelurahan Talang Mandi," ujar Gede Adi.

Selain itu, polisi juga mengecek kendala-kendala yang timbul saat penyaluran dana bansos agar tepat sasaran. Jangan sampai penyaluram yang salah mengganggu kamtibmas, apalagi, Pemilu 2024 akan segera dilaksanakan.

Gede Adi menegaskan. Pengawasan penyaluran bansos oleh Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Riau merupakan langkah penting untuk memastikan bantuan pemerintah tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

"Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah," jelasnya.

Masyarakat yang menerima bansos diimbau untuk menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Jika ditemukan penyimpangan dalam penyaluran bansos, masyarakat dapat melapor kepada pihak berwenang.

Berita Lainnya

Index