Logistik Pemilu 2024 di Riau Mulai Didistribusikan ke Daerah

Logistik Pemilu 2024 di Riau Mulai Didistribusikan ke Daerah

PEKANBARU - Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Provinsi Riau mulai didistribusikan ke 12 kabupaten kota se-Riau hari ini, Rabu (7/2/2024). Pendistribusian logistik sendiri akan berlangsung hingga 13 Februari 2024.

Demikian disampaikan Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir saat rapat koordinasi persiapan distribusi Pemilu 2024 di Provinsi Riau, Rabu (7/2/2024) di Gedung Daerah Riau.

"Saat ini kami sudah menyelesaikan segel seluruh kotak suara, dan tinggal distribusi. Untuk distribusi logistik kita mulai hari ini tanggal 7 Februari," katanya.

Ilham menyampaikan, jika pihaknya KPU menjadwalkan pendistribusian logistik Pemilu 2024 mulai 7 hingga 13 Februari 2024 di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Riau.

"Jadwal distribusi logistik Pemilu 2024 dimulai di dua daerah yakni di Kabupaten Bengkalis pada empat kecamatan (Rupat, Rupat Utara, Talang Mandau, dan Pinggir). Kemudian, di Kabupaten Inhil di lima kecamatan (Pelangiran, Teluk Belengkong, Pulau Burung, Mandah, dan Kateman)," terangnya

Ilham menjelaskan, jenis logistik Pemilu 2024 yang akan didistribusikan, diantaranya perlengkapan pemungutan suara yang terdiri dari kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat untuk mencoblos pilihan, dan TPS.

Selain itu, terdapat dukungan perlengkapan lainnya. Terdiri dari sampul kertas, tanda pengenal, karet pengikat surat suara, lem atau perekat, kantong plastik, bolpoin, gembok, spidol, formulir, stiker nomor kotak suara, tali pengikat alat untuk mencoblos pilihan, dan alat bantu tunanetra.

Kemudian perlengkapan pemungutan suara lainnya. Terdiri dari salinan Daftar Pemilih Tetap (DPT), salinan Daftar Pemilih Tambahan (DPtb), Daftar Pasangan Calon (DPC), Daftar Calon Tetap (DCT) DPR, DCT DPD, DCT DPRD provinsi, DCT DPRD kabupaten/kota, dan label identitas kotak suara untuk setiap jenis Pemilu.

Ilham menyampaikan lima jenis surat suara yang harus dikenali pada Pemilu 2024, diataranya surat suara berwarna abu-abu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, surat suara berwarna kuning untuk pemilihan DPR RI.

"Sedangkan surat suara berwarna merah untuk pemilihan DPD RI, surat suara berwarna biru untuk pemilihan DPRD provinsi, serta surat suara berwarna hijau untuk pemilihan DPRD kabupaten dan kota. Kita semua berharap pelaksanaan Pemilu 2024 di Provinsi Riau ini bisa berjalan dengan baik dan sukses," tukasnya.

Untuk diketahui, di Riau terdapat 19.366 TPS dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 4.732.174 pemilih.

Berita Lainnya

Index