PUPR Pekanbaru Akan Lakukan Pematangan Lahan untuk Alun-alun di Bawah Jembatan Sungai Siak IV

PUPR Pekanbaru Akan Lakukan Pematangan Lahan untuk Alun-alun di Bawah Jembatan Sungai Siak IV

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan membangun alun-alun di bawah Jembatan Sungai Siak IV. Proses pembangunan akan dimulai pada tahun 2024 ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruan (PUPR) Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan untuk perencanaan pembangunan alun-alun di lokasi itu sedang berjalan.

Menurutnya, proses pembangunan alun-alun akan dimulai pada tahun ini. Hanya saja, untuk tahun kemungkinan hanya sebatas pematangan lahan.

"Yang jelas perencanaannya sedang berjalan. Mungkin saja pada tahun ini kita pematangan lahan dulu," ujar Edu sapaan akrabnya, Sabtu (10/2/2024).

Dikatakannya, dalam pematangan itu, pihaknya akan membersihkan dan meratakan lahan terlebih dahulu. Pihaknya tidak langsung melakukan pembangunan alun-alun lantaran keterbatasan anggaran.

Edu menyebut, kedepannya alun-alun yang akan dibangun di atas lahan seluas 8 hektare itu seperti RTH, namun dilengkapi dengan pusat UMKM, podium untuk melaksanakan kegiatan, hingga sarana olahraga.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun mengatakan dalam kawasan alun-alun akan dibangun juga lintasan jogging atau jogging track.

"Dekat dari sana, kita pusatkan juga lokasi UMKM, sedangkan kiri dan kanannya kita buat jogging track dan ada juga podium yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang hendak membuat acara," katanya.

Ia berharap, alun-alun kota ini bisa menjadi lokasi rekreasi, olahraga, dan wisata bagi masyarakat Pekanbaru.

Berita Lainnya

Index