PDIP Jawara di Riau, Zukri Misran Maju Pilgubri?

PDIP Jawara di Riau, Zukri Misran Maju Pilgubri?

PEKANBARU - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi menjadi pemenang pada Pemilu Legislatif 2024 untuk DPRD Provinsi Riau masa periode 2024-2029.

Jika ini terjadi, maka PDIP mencatatkan sejarah sebagai partai politik yang mampu mengambil alih kursi DPRD Provinsi Riau dari tangan Partai Golkar.

Dengan raihan maksimal dan mendapatkan kursi Ketua DPRD Riau, peluang PDIP Riau untuk mengusung calon sendiri di Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) tahun 2024 ini terbuka lebar.

Salah satu nama di internal PDIP Riau yang paling mencuat adalah Ketua DPD PDIP Riau yang juga Bupati Pelalawan Zukri Misran.

Bahkan, di kalangan kader PDIP di Riau sudah sejak awal mendorong Zukri untuk maju pada Pilgubri 2024. Lantas, apakah nantinya Zukri mengambil langkah untuk maju pada Pilgubri atau untuk dua periode maju di Pelalawan?

Dikonfirmasi hal tersebut, Zukri Misran mengaku belum memikirkan perkara Pilkada.

"Kita masih fokus mengawal suara (Pileg) dulu, Pilkada nanti kita bahas," kata Zukri, Sabtu (24/02/2024).

Untuk diketahui, pada Pilgubri 2018 lalu, PDIP mengusung kadernya Suyatno untuk menjadi calon wakil gubernur mendampimgi Andi Rachman. Pasangan itu kalah dari pasangan Syamsuar - Edy Natar.

Diberitakan sebelumnya, data yang diolah dari berbagai sumber, hingga Jumat (23/2/2024) dari 65 kursi DPRD Riau saat ini PDIP masih mendominasi. Jika tidak berubah hingga masa penetapan perolehan suara oleh KPU Riau nanti, maka PDIP berpotensi mengantarkan 11 kadernya di DPRD Riau.

Sedangkan Partai Golkar diprediksi meraih 9 kursi di dewan. Artinya kader PDIP berpeluang duduk di kursi ketua lembaga legislatif itu. Besarnya perolehan suara PDIP pada pemilu kali ini datang dari daerah Pemilihan Riau 5 yang meliputi Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai.

Di dapil ini PDIP diperkirakan meraih 3 kursi. Sedangkan dari Dapil Riau 6 (Kabupaten Siak dan Pelalawan) "banteng moncong putih" itu diprediksi mendapatkan 2 kursi. Suplai lima kursi dari dua dapil ini tidak mengherankan sebab dua kepala daerah di dua dapil itu berasal dari Partai PDIP, yakni Bupati Bengkalis Kasmarni, dan Bupati Pelalawan Zukri yang juga menjabat Ketua PDIP Riau.

Berita Lainnya

Index