Akhir Tahun Ini, Walikota Sebut Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Sudah Beroperasi

Akhir Tahun Ini, Walikota Sebut Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Sudah Beroperasi
Gubernur Riau, Syamsuar bersama Walikota Pekanbaru, Firdaus usai meninjau proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (foto internet)

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) - Walikota Pekanbaru, Firdaus mendampingi Guberur Riau, Syamsuar bersama pejabat di lingkungan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru kembali meninjau pekerjaan proyek kelanjutan pembangunan Jalan Tol Lintas Sumatera, Pekanbaru-Dumai di Kecamatan Rumbai, Jumat (17/5/2019).

Dari hasil tinjauan yang dilakukan untuk kesekian kalinya ini, orang nomor satu di Pekanbaru ini menyebutkan jika pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sudah bisa difungsikan pada Desember 2019.

“Alhamdulillah, Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai yang memiliki 6 session ini, sudah akan efektif pada Desember akhir tahun ini. Saat ini kontraktor tengah melakukan pengerjaan terowongan di bagian utara, yang mana ini nanti akan menghubungkan tol Pekanbaru-Padang, dan Pekanbaru-Jambi,” kata Firdaus.

Untuk menggesa pembangunan Jalan Tol yang nantinya bisa dinikmati masyarakat, Pemko Pekanbaru sudah melakukan pembebasan lahan sesuai dengan kewenangan masing-masing daerah. 

“Jadi kami dari Pemko Pekanbaru sudah melakukan pembebasan lahan yang peruntukannya untuk jalan tol Pekanbaru-Dumai. Untuk itu, kami berharap keberadaan Jalan tol ini akan memberikan manfaat yang besar,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Firdaus juga memberikan apresiasi terhadap kinerja kabinet pemerintahan Republik Indonesia, yang dipimpin Presiden Ir Joko Widodo. 

Selain apresiasi, Firdaus juga memuji ketegasan yang dilakukan Presiden, dalam menuntaskan proyek strategis nasional di Provinsi Riau, tepatnya pada proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai.

"Pemerintah Kota sangat berterimakasih kepada Bapak Presiden yang sudah membebaskan proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai. Sudah dua kali dilelang, tapi gak ada yang minat. Nah, Alhamdulillah dimasa kepemimpinan Bapak Presiden yang sekarang, proyek itu sudah ada yang ngerjakan dan Insyaallah akan selesai diakhir tahun 2019 ini," ujarnya lagi.

Ditambahkan Wako, usai pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini dikerjakan oleh BUMN atau tepatnya diawal tahun 2020 mendatang, Pemerintah juga akan memulai proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang yang nantinya lanjut ke Kota Padang.

Berbagai pembangunan yang digesa diera kepemimpinan Jokowi, dinilai sangat berdaya guna dan sangat memberikan dampak yang sangat besar bagi kemajuan daerah yang tentunya juga berbanding lurus terhadap pergerakan ekonomi pembangunan, terutama untuk Kota Pekanbaru dan masyarakat.

"Pengerjaan Tol Pekanbaru-Bangkinang akan dimulai di awal tahun 2020 usai dari proyek tol Pekanbaru-Dumai. Pengerjaannya nanti seiring dengan pembangunan jalur lingkar selatan dan jalur lingkar utara, yang mana diantara dibangun Kota satelit yang menghubungkan daerah Pekan Sikawan," tambah Wako.

Disisi lain, Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan jika proyek jalan bebas hambatan tersebut, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Riau. "Kita lihat pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah berjalan, bahkan untuk seksi satu ini sudah hampir tuntas," kata Gubri.

Sebanyak tiga trase serta rencana untuk kota satelit yang ditinjau pada kesempatan tersebut. Gubri bahkan memberikan apresiasi atas progres pembangunan jalan bebas hambatan ini.

"Kunjungan dengan pak wali kota ke jalan tol ini untuk memastikan pintu keluarnya dimana, supaya tidak macet nanti Pekanbaru. Kemudian melihat ring road yang sudah disiapkan wali kota," ungkap Gubri.

"Karena di dekat ring road yang sudah disiapkan akan ada jalan tol menuju Kampar, Kemudian ada juga jalan tol menuju Rengat dan menuju Jambi," papar Gubri.

Dari hasil perbincangannya bersama kontraktor pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai, PT Hutama Karya (HK) bahwa pada sebelum akhir tahun, seksi satu jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah siap dioperasikan.

Berita Lainnya

Index