Firdaus-Ayat Serta ASN Pemko Salurkan Zakat Melalui Baznas Pekanbaru

Firdaus-Ayat Serta ASN Pemko Salurkan Zakat Melalui Baznas Pekanbaru
Walikota Pekanbaru, Firdaus saat membayarkan zakat

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) - Walikota Pekanbaru, Firdaus, langsung menyalurkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru saat melakukan safari Ramadhan malam ke-17 di Masjid Al Mukarramah yang berada di Jalan Ikhlas, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Selasa (21/5/2019) malam.

Pada kesempatan ini, orang nomor satu di Pekanbaru ini mengenalkan sejumlah pejabat Pemko Pekanbaru kepada Jama’ah. Selain itu, Firdaus memberikan cinderamata berupa Al-Qur'an, jam dinding dan uang tunai sebesar Rp10 juta sebagai bentuk silaturahmi yang ditunjuk ajarkan adat Melayu bahwa kelompok yang datang disarankan untuk membawa buah tangan.

Di Masjid Al-Mukarramah di malam ke-17 ini, selain dilakukan peringatan Nuzulul Qur'an, Wali Kota diberi kesempatan atau kepercayaan oleh masyarakat Kota Pekanbaru untuk menjemput zakat dari jema’ah yang dilakukan secara simbolis.

Disela-sela acara, Wako mengatakan zakat merupakan kewajiban umat muslim. Serta Badan zakat nasional (Baznas) merupakan lembaga yang tepat untuk menghimpun dan menyalurkan zakat dari ASN Kota Pekanbaru.

"Zakat dari ASN kita langsung diberikan melalui Baznas, dalam sila pertama kan mengatur ketuhanan Yang maha esa, jadi warga Indonesia ini harus bertuhan. Salah satunya Islam, negara ini menjamin dan kemudian lahirlah baznas. Yang memfasilitasi berhimpunnya zakat, jadi saat ini resmi dari pemerintah. Jadi ketika ada orang Islam yang tidak mau berzakat maka dipertanyakan keislamannya," kata Firdaus.

Ia juga menjelaskan bahwa Baznas merupakan suatu lembaga yang dilahirkan oleh negara. Sehingga memiliki landasan hukum yang kuat guna mengelola perhimpunan zakat tersebut, serta dapat dipertanggungjawabkan.

"Sehingga nanti baznas yang menyalurkan nya, baznas yang mengeluarkan zakat kalau di luar itu silakan tanya dengan Majelis ulama dan baznas karena ini menyangkut kemaslahatan umat," ujarnya.

Untuk diketahui dana zakat di akan digunakan untuk memberikan bantuan bagi warga Pekanbaru yang membutuhkan, meliputi salah satunya bidang pendidikan dan sosial. Harapan ke depannya adalah dapat membantu mensejahterakan masyarakat.

Ditempat terpisah, usai melalukan safari Masjid Al Furqon, Kecamatan Lima Puluh, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menyalurkan Zakat Peduli Dhuafa. Kegiatan safari sekaligus penyerahan zakat ini dihadiri Camat Lima Puluh, Ketua Baznas Kota Pekanbaru, Dirut RSD Madani dan para alim ulama, tokoh masyarakat, serta para penerima zakat.

“Kami dari jajaran pemerintah kota bersama dengan Baznas melaksanakan safari Ramadhan dan melaksanakan program peduli duafa sekaligus menyerahkan perolehan dana zakat yang telah dikumpulkan secara terintegrasi oleh Baznas Pekanbaru,” kata Ayat Cahyadi.

Dalam kesempatan ini, Ayat juga menyampaikan jika bulan Ramadan yang merupakan belum penuh rahmat dan berkah ini, umat muslim diserukan untuk memperbanyak amal ibadah yang salah satunya adalah bersedekah dan membayar zakat. 

“Mudah-mudahan dengan penyerahan zakat ini tentunya dapat membantu dan bermanfaat bagi kehidupan keluarga. Untuk itu, kami pun mengapresiasi dan terimakasih kepada Baznas atas penyerahan dana zakat kepada kaum duafa ini,” ujarnya. 

“Semoga kegiatan ini dapat memaksimalkan fungsi Baznas dan juga merupakan langkah yang harus kita dukung bersama,” imbuhnya.

Adapun penyerahan zakat peduli duafa di masjid Al Furqon dilakukan kepada 125 Mustahik atau para penerima zakat. Satu orang Mustahik terlihat mendapatkan sejumlah paket sembako, seperti beras, minyak goreng, gula, mie instan, uang tunai dan lain sebagainya. 

Berita Lainnya

Index