Komposisi Pimpinan DPRD Pekanbaru Diprediksi Berubah, PDI Perjuangan Gantikan Posisi PAN

Komposisi Pimpinan DPRD Pekanbaru Diprediksi Berubah, PDI Perjuangan Gantikan Posisi PAN

PEKANBARU - Proses penghitungan suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah masuk dalam tahap akhir di tingkat kecamatan. Bahkan di Pekanbaru, pleno rekapitulasi tingkat Kota akan dimulai besok.

Berdasarkan pantauan rekapitulasi di sejumlah kecamatan serta dari beberapa sumber, sudah terlihat siapa-siapa yang akan duduk sebagai anggota DPRD Pekanbaru periode 2024-2029.

Di kursi pimpinan, tampaknya ada sedikit perubahan dari periode 2019 - 2024. Sebelumnya PKS menempati ketua, disusul tiga partai yang mendapatkan pimpinan yakni Gerindra, Demokrat dan PAN.

Namun nampaknya posisi PAN di periode 2024 - 2029 akan tergeser oleh PDI Perjuangan yang pada periode ini diprediksi mendapatkan kursi lebih banyak.

Dari informasi dan data yang dirangkum, PKS diprediksi tetap menjadi jawara pada periode 5 tahun kedepan. PKS diprediksi meraih 8 kursi dan mendapatkan kursi Ketua DPRD.

Selanjutnya, Demokrat juga kembali akan menempati kursi pimpinan DPRD Pekanbaru. Dari raihan sementara Demokrat bisa meraih 7 sampai 8 kursi di DPRD. Jika nantinya memang meraih 8 kursi, Demokrat tetap berada di urutan kedua karena jumlah suara lebih banyak diraih PKS.

Selanjutnya, partai Gerindra diprediksi tetap meraih kursi pimpinan DPRD Pekanbaru. Gerindra diprediksi meraih 7 kursi di periode ini.

Sementara, posisi PAN terancam tidak mendapatkan jatah pimpinan. Dari penghitungan suara PAN meraih 6 kursi, sementara PDI Perjuangan merangsek naik dengan mendapatkan 7 kursi.

Maka dengan demikian, kursi pimpinan berpotensi diraih oleh PKS, Demokrat, Gerindra dan PDI Perjuangan.

Sebelumnya, PDI Perjuangan mengklaim selain merebut kursi ketua DPRD Riau dari Golkar, PDI P juga berhasil meraih hasil maksimal di Kabupaten/Kota.

Bupati Pelalawan Zukri mengatakan untuk di tingkat Kabupaten, PDIP juga menempatkan Ketua DPRD.

"Kabupaten yang berhasil mendapat kursi ketua DPRD tersebut diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Zukri.

Sementara untuk pimpinan sebagai Wakil Ketua DPRD, kata Zukri didapat PDIP di DPRD Kota Pekanbaru yang mana pada periode sebelumnya tidak mereka dapatkan.

Layak kita nantikan siapakah kader empat Parpol tersebut yang bakal ditunjuk untuk mengisi posisi pimpinan.

Berita Lainnya

Index