Ketiga Kalinya, Pemko Pekanbaru Raih Predikat WTP dari BPK RI

Ketiga Kalinya, Pemko Pekanbaru Raih Predikat WTP dari BPK RI
Walikota Pekanbaru, Firdaus bersama Ketua DPRD Pekanbaru, Sahril saat menerima Predikat WTP

PEKANBARU (CELOTEHRIAU,COM) - Laporan Keuangan Pemerintah (LKP) Kota Pekanbaru tahun 2018 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Riau. Dalam penerimaan WTP tersebut, Walikota Pekanbaru, Firdaus didampingi Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sahril serta pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru, Senin (27/5/2019).

Berdasarkan surat yang dikirimkan BPK RI Perwakilan Riau, nomor 87/S/XVIII.PEK/05/2019 perihal laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah kota Pekanbaru tahun 2018, BPK memberikan opini atas laporan keuangan pemerintah kota Pekanbaru tahun 2018 adalah Wajar Tanpa Pengecualian. 

Walikota Pekanbaru, Firdaus disela-sela acara penerimaan WTP di kantor BPK di Jalan Sudirman mengatakan dari hasil audit 7 kabupaten/kota di Riau, tahun ini Pemko Pekanbaru kembali meraih predikat WTP.

Kemudian pemeriksaan sejumlah laporan lainnya. Ada Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas untuk tahun yang terakhir pada tanggal tersebut serta catatan atas laporan keuangan.

"Semoga ini menjadi motivasi untuk penyelenggaraan keuangan pemerintah yang lebih baik," jelas Firdaus usai mendatangi BPK RI bersama jajaran.

Menurutnya, capaian WTP ini adalah ketiga kalinya bagi Pemerintah Kota Pekanbaru. LKP Kota Pekanbaru tahun 2016 dan LKP Kota Pekanbaru tahun 2017 juga memperoleh WTP.

Walau demikian, Firdaus mengajak jajaran pemerintah kota tidak berpuas diri. Ia menilai masih ada sejumlah catatan perbaikan, terutama dalam pengelolaan aset pemerintah kota.

Ia menilai harus ada upaya meningkatkan penatausahaan keuangan dan aset.

"Jadi opini WTP kali ini tidak cukup di sini saja. Nantinya harus ada upaya menyempurnakan penyelenggaraan pemerintah di masa datang," terangnya.

Penerapan IT juga jadi inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah. Firdaus pada kesempatan itu juga menyebut bahwa opini yang diperoleh atas kerjasama pemerintah kota dengan BPK Perwakilan Provinsi Riau.

Dalam kesempatan ini, Firdaus berharap, seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru bisa terus memotivasi dalam menyampaikan laporan keuangan ke BPKAD Kota Pekanbaru untuk selanjutnya diaudit.

“Tadi dalam diskusi kami, perwakilan BPK menyampaikan jika penggunaan IT dalam pelaporan keuangan sudah cukup bagus dan maju. Saya berharap ini bisa terintegrasi ke semua OPD,” ujarnya lagi.

Firdaus mengakui, meski ada beberapa kelemahan dari raihan predikat WTP tersebut, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perwakilan BPK serta seluruh auditor yang telah bekerja mendampingi Pemko Pekanbaru.

“WTP yang diperoleh ini ada andil dan kontribusi dari BKP, untuk itu kami ucapkan terimakasih. Dalam kesempatan ini, saya pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh OPD serta staf yang telah bekerja siang malam dalam menyusun laporan keuangan,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Index