Usai Solat Idul Fitri, Walikota dan Wawako Gelar Open House

Usai Solat Idul Fitri, Walikota dan Wawako Gelar Open House
Firdaus-Ayat foto bersama tamu di acara open house (foto Humas)

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) - Jika Walikota Pekanbaru, Firdaus melaksanakan solat Idul Fitri di Halaman Kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi melangsungkan solat Idul Fitri bersama masyarakat di Kecamatan Rumbai Pesisir, Rabu (5/6/2019).

“Untuk tahun ini, saya bersama keluarga akan mengikuti solat Idul Fitri di Limbungan. Kebetulan, masyarakat mengundang saya untuk solat Idul Fitri disana,” kata Ayat.

Ayat menyebutkan, pelaksanaan solat Idul Fitri yang akan digelar bersama masyarakat tersebut dilangsungkan di halaman terbuka yakni lapangan. “Tapi jika pagi harinya hujan, maka solat Idul Fitrinya akan dipindahkan ke masjid terdekat,” ujarnya.

Dilanjutkan Wawako, pihaknya berharap masyarakat disekitar bisa ikut berbondong-bondong meramaikan masjid dan titik pelaksaaan solat Idul Fitri yang telah ditetapkan oleh Pemko Pekanbaru bersama Kemenag Pekanbaru.

“Sesuai dengan perintah atau sunah nabi, mari ramaikan masjid dan lapangan saat pelaksanaan solat Idul Fitri. Tetap jalin silaturahmi dibulan yang baik ini,” katanya lagi.

Sebelumnya, melalui Surat Nomor 005/Kesra/140/2019, Walikota Pekanbaru, Firdaus dijadwalkan akan melangsungkan solat Idul Fitri berjamaah di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Sudirman.

“Iya, sesuai dengan surat yang telah kami bagikan, Pak Walikota Pekanbaru, Firdaus akan melangsungkan solat Idul Fitri berjamaah di halaman kantor MPP,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru, Azwan.

Azwan menambahkan, sesuai jadwal, pelaksanaan solat Idul Fitri 1440 Hijriah akan jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019. “Sementara untuk jadwal solat akan dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai,” imbuhnya.

Mantan Kepala Disperindag Kota Pekanbaru ini menyebutkan, jika dihari pelaksanaan solat Idul Fitri di Halaman Kantor MPP Kota Pekanbaru, hujan lebat, maka pihaknya akan memindahkan lokasi masjid terdekat.

“Jika hujan lebat, maka pelaksaan solat Idul Fitri akan dipindahkan ke Masjid Agung Ar Rahman. Untuk itu, melalui surat tersebut kami mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong datang untuk melangsungkan solat Idul Fitri,” pungkasnya. 

Setelah mengikuti rangkaian solat idul fitri, Walikota Firdaus serta Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi langsung menggelar open house untuk bersilaturahmi dengan para pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru dan masyarakat. Open House ini digelar orang nomor satu di Pekanbaru itu selama dua hari.

“Iya, momen open house yang digelar dikediaman Pak Walikota digelar untuk umum. Jadi baik pejabat dan masyarakat bisa berbaur bersilaturahmi dengan Pak Walikota,” kata Kepala Bagian TU Pimpinan, Akmal Khairi.

Akmal menambahkan, bagi masyarakat yang datang ke acara open house Walikota Pekanbaru bisa menikmati hidangan yang sudah disediakan.

“Open house yang Pak Walikota langsungkan akan digelar selama dua hari mulai pulul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Jadi bagi masyarakat yang mau datang, silahkan ke rumah dinas Walikota di jalan Ahmad Yani,” ujarnya.

Acara open house yang dimulai usai salat Idul Fitri dihadiri Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi bersama istri, Sekko Pekanbaru, mantan Bupati Kampar Jefry Noer, tokoh masyarakat Tionghoa dan para pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Ditempat lain, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi juga menggelar open house dalam rangka hari raya Idul Fitri 1440 H.  Pada hari pertama lebaran terlihat banyak pejabat dan masyarakat yang datang bersilaturrahmi. Bahkan, para tamu terus berdatangan hingga sore hari. Acara baru mulai sepi ketika menjelang adzan maghrib dikumandangkan.

Beberapa pejabat yang turut menjadi penyambut tamu diantaranya Kepala Disbudpar, Kepala DLHK, Kepala Kesbangpol dan pejabat lainnya.

Ayat disela-sela acara menerima masyarakat mengatakan jika dirinya sangat berterima kasih dan bersyukur bisa bertatap muka langsung dengan masyarakat ataupun para pejabat Pemko Pekanbaru.

“Momen lebaran ini harus kita rayakan dengan sebaik-baiknya. Tak pula harus berlebihan. Makanya di waktu dua hari ini kami akan terus menyambut masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan kami,” kata Ayat.

Sebagai pelayanan masyarakat, dirinya tidak akan membatasi masyarakatnya yang ingin datang untuk sekedar silaturahmi.

“Bagi masyarakat yang bisa datang, tentunya kami ucapkan terimakasih. Semoga jalinan silaturahmi akan terus memudahkan kami untuk berkomunikasi dengan masyarakat,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Index