Dramatis! Kalahkan Qarabag 3-2, Leverkusen ke 8 Besar Liga Europa

Dramatis! Kalahkan Qarabag 3-2, Leverkusen ke 8 Besar Liga Europa

CELOTEHRIAU - Bayer Leverkusen melaju secara dramatis ke perempat final Liga Europa musim ini usai menang 3-2 atas Qarabag di leg kedua babak 16 besar. Tim asuhan Xabi Alonso lolos dengan agregat 5-4 usai bermain imbang 2-2 di leg pertama.

Bermain di BayArena, Jumat (15/3/2024) dinihari WIB, Leverkusen langsung tampil menekan sejak awal. Borja Iglesias melepaskan tembakan ke gawang pada menit ke-8, namun dihalau kiper Qarabag, Andrey Lunev.

Amine Adli juga memperoleh kesempatan pada menit ke-17, tetapi Lunev kembali tampil menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Qarabag mencoba memberi perlawanan, namun tembakan jarak jauh Marko Vesovic melenceng dari sasaran.

Badavi Huseynov juga memperoleh peluang lewat sepak pojok di menit ke-33, namun sundulannya melebar ke sisi kiri gawang. Leverkusen kembali mengancam satu menit berselang, tetapi tembakan kaki kiri Jeremie Frimpong dari jarak dekat juga meleset dari target.

Usai tanpa gol di babak pertama, Qarabag mampu mencuri gol di babak kedua pada menit ke-59. Umpan silang Leandro Andrade dituntaskan Abdellah Zoubir dengan sundulan untuk membobol gawang Leverkusen yang dijaga Matej Kovar.

Unggul satu gol, Qarabag lalu harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-63 usai Elvin Cafarquliyev menarik Frimpong yang harusnya bisa berlari bebas tak terkawal ke kotak penalti. Meski begitu, tim tamu justru bisa menambah gol.

Pada menit ke-67, Juninho menuntaskan umpan silang mendatar Vesovic dari sisi kanan untuk menaklukkan Kovar. Skor menjadi 2-0 untuk Qarabag.

Leverkusen yang bermain di kandang sendiri berupaya mengejar. Hasilnya, mereka berhasil menipiskan jarak pada menit ke-72. Frimpong sukses membobol gawang Lunev dengan tembakan first time usai menyempurnakan umpan silang Alex Grimaldo.

Tuan rumah akhirnya menyamakan skor di menit ke-90+2. Grimaldo kembali berperan. Patrick Schick menyambar umpan silang jebolan La Masia itu untuk menjebol gawang Qarabag.

Schick menjadi pahlawan usai mencetak gol via sundulan di menit ke-90+7. Ia dengan jitu menyambut umpan silang Exequiel Palacios. Skor 3-2 bertahan hingga usai dan Leverkusen berhak ke babak 8 Besar Liga Europa.

Berita Lainnya

Index