Usai Pimpin Apel Upacara Perdana, Walikota Pekanbaru Silaturahmi dengan ASN

Usai Pimpin Apel Upacara Perdana, Walikota Pekanbaru Silaturahmi dengan ASN
Walikota, Firdaus saat bersilaturahmi dengan para ASN

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) - Dihari pertama masuk kerja usai libur dan cuti bersama memperingati Idul Fitri 1440 Hijriah di tahun 2019, Walikota Pekanbaru, Firdaus, langsung memimpin apel upacara perdana yang digelar di halaman Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya, Senin (10/6/2019).

Dalam apel perdana yang juga dihadiri Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Sekko Pekanbaru, M Noer, serta seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Pekanbaru ini berlangsung lancar dan khidmat.

Dalam sambutan pidato perdana ini, orang nomor satu di Pekanbaru tetap menginstruksikan agar seluruh ASN dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Pekanbaru. "Dalam kesempatan ini, saya menekankan agar seluruh ASN dapat menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya," kata Wako.

Setelah apel perdana yang berlangsung lebih kurang satu jam tersebut, Walikota Pekanbaru langsung berkeliling untuk menyalami satu persatu ASN yang hadir. Firdaus juga menyempatkan berbincang dengan para ASN yang datang pada apel perdana pasca liburan Idul Fitri.

Para ASN bergantian menyalami Firdaus yang sengaja mendekati satu persatu ASN. Ia juga tidak canggung menerima permintaan untuk foto bersama jajaran OPD.

“Kita sudah melewati bulan Ramadhan. Maka kita semua berharap pada bulan Syawal ini bisa menjadi insan yang muttaqin,” ujar Wako.

Firdaus berpesan agar para ASN tetap semangat memberi pelayanan bagi masyarakat. Ia juga berharap semangat selama Bulan Ramadhan bisa jadi pemicu dalam meningkatkan kinerja pemerintah kota.

Sementara itu, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi tetap memberikan instruksi agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi jangan sampai ada masyarakat mengeluh jika pelayanan yang berkaitan dengan administrasi lambat,” kata Ayat.

Ayat menyebutkan, dari hasil laporan yang diterima saat apel perdana, tingkat kehadiran ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru sangat tinggi. “Nah ini yang harus ASN terus tingkatkan. Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jangan sampai pelayanan yang diberikan ke masyarakat malah tidak maksimal,” tegasnya.

Disebutkan Ayat, salah satu pelayanan yang harus selalu ditingkatkan salahsatunya di Mal Pelayanan Publik, Kecamatan, Kelurahan dan Kesehatan.

“Apalagi pelayanan satu pintu kita di MPP sudah ramai. Tidak hanya di MPP saja, pelayanan di tingkat bawah baik di Puskesmas dan pelayanan di bidang administrasi juga harus lebih baik lagi setelah lebaran,” pinta Wawako.

Disisi lain, berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru tingkat kehadiran para ASN dihari perdana cukup tinggi.

“Pagi tadi setelah apel kami sudah rekap absensinya, dan kami pastikan mayoritas ASN hadir pada hari pertama kerja,” kata Kepala BKPSDM Pekanbaru melalui Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan BKPSDM Kota Pekanbaru, Fajri Adha.

Kata Fajri, mayoritas ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru masuk pada hari pertama kerja pasca libur lebaran. Mereka sudah kembali bertugas setelah hampir sepuluh hari libur pada momen Lebaran 2019. 

“Setelah kami hitung, jumlah oknum ASN yang tidak hadir itu sebesar 2,8 persen. Artinya lebih banyak yang hadir dibandingkan yang tak hadir,” imbuhnya.

Saat disinggung apakah ASN yang tidak hadir tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan PP Nomor 53 tahun 2010, Fajri hanya menjawab singkat. “Kalau sanksi tentu kita berlakukan. Makanya, kita akan pastikan apakah ASN tersebut memang tak hadir saat apel saja, atau seharian tak masuk,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Index