PSG vs Barcelona: Raphinha Menggila, Blaugrana Menang Dramatis!

PSG vs Barcelona: Raphinha Menggila, Blaugrana Menang Dramatis!

PARIS - Paris Saint-Germain (PSG) harus mengakui keunggulan Barcelona kala bertemu pada perempatfinal Liga Champions 2023-2024, Kamis (11/4/2024) dini hari WIB. Setelah melalui 90 menit pertandingan di Stade Parc des Princes pada, Barcelona menang dramatis 3-2.

Pelatih PSG, Luis Enrique, memainkan formasi 4-3-3 dalam laga ini. Lucho -sapaan akrab Enrique- menurunkan Marco Asensio sebagai false nine, disokong dua winger lincah yakni Ousmane Dembele dan Kylian Mbappe.

Sementara itu, Barcelona asuhan Xavi Hernandez juga turun dengan formasi 4-3-3. Seperti biasa, Robert Lewandowski masih dipercaya untuk mengisi posisi ujung tombak.

Laga awalnya berjalan alot di awal, hingga akhirnya Barcelona membuka keunggulan di menit 37 via aksi individu sang winger kanan, Raphinha. Gol winger asal Brasil ini membuat Blaugrana -julukan Barcelona– menutup keunggulan 1-0 di babak pertama.

Di awal babak kedua pelatih Luis Enrique mengganti Marco Asensio dengan Bradley Barcora. Meski tidak mencetak gol, kehadiran Bradley Barcora seperti memberi sentuhan magis kepada skuad PSG.

Terbukti babak kedua baru berjalan tiga menit, PSG berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Ousmane Dembele. Berselang tiga menit atau di menit 51, PSG berbalik unggul 2-1 lewat Vitinha, memanfaatkan assist Fabian Ruiz.

Setelah unggul 2-1, PSG tidak mengendurkan serangan. Kylian Mbappe dan kawan-kawan tetap berjuang mencari gol tambahan agar langkah mereka lebih ringan saat gantian tandang ke markas Barcelona pada Rabu, 17 April 2024 dini hari WIB.

Keasyikan menyerang, PSG melupakan pertahanan. PSG dikejutkan umpan terobosan Pedri yang baru masuk menggantikan Sergi Roberto di menit 61. Belum satu menit berada di lapangan, Pedri melepaskan umpan terobosan kepada Raphinha yang berlari kencang menusuk kotak penalti tuan rumah.

Ketika berada di kotak penalti lawan, eks pemain Leeds United itu melepaskan sepakan first time untuk membobol gawang PSG kawalan Gianluigi Donnarumma. Skor pun berubah 2-2. Berselang 15 menit setelah gol Raphinha, Barcelona berbalik unggul 3-2.

Berawal dari sepak pojok Ilkay Gundogan, Andreas Christensen melepaskan sundulan yang tak dapat ditahan Donnarumma. Barcelona pun unggul 3-2 atas PSG dan skor ini bertahan hingga akhir laga.

Seperti yang sudah diutarakan di atas, laga leg II perempatfinal Liga Champions 2023-2024 digelar di markas Barcelona pada Rabu, 17 April 2024 dini hari WIB. Barcelona hanya perlu hasil imbang pertemuan kedua untuk lolos ke babak selanjutnya.

Berita Lainnya

Index