Imigrasi Pekanbaru Catat Ribuan Masyarakat Bertolak ke Malaysia

Imigrasi Pekanbaru Catat Ribuan Masyarakat Bertolak ke Malaysia

PEKANBARU - Selama cuti Hari Raya Idulfitri 1445 H, Imigrasi Pekanbaru melakukan pemeriksaan terhadap 9.818 orang yang melintasi Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Budi Argap Situngkir mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan selama cuti bersama tanggal 8, 9, 12 dan 15 April. Momen itu banyak dimanfaatkan masyarakat ke Malaysia.

"Petugas Imigrasi melakukan pemeriksaan 9.818 orang yang melalui TPI Bandara SSK II Pekanbaru. Rinciannya 5.173 orang menuju Malaysia dan 4.645 orang masuk Indonesia melalui Bandara Kuala Lumpur Internasional Airport," ujar Budi Argap, Selasa (16/04/2024).

Budi Argap menjelaskan, selama periode ini, puncak penerbangan internasional terjadi pada Ahad, 14 April yakni keberangkatan sebanyak 964 orang, dan kedatangan sebanyak 1024 orang yang didominasi oleh WNI.

“Sedangkan tujuan keberangkatan WNI adalah sebagian besar adalah murni untuk melancong jalan–jalan dan mengunjungi sanak saudara ke Negeri Jiran Malaysia," kata dia.

Budi Argap meminta kepada para petugas untuk bekerja dengan sigap dan profesional serta selalu menjaga integritas dalam melayani para pemudik. Ia juga mengingatkan mereka untuk selalu menjaga kesehatan dan stamina agar dapat bekerja dengan optimal selama arus balik Lebaran.

"Saya harap semua petugas dapat bekerja dengan profesional dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penumpang. Jangan ragu untuk menindak tegas setiap pelanggaran yang ditemukan. Hindari praktik pungutan liar dan jaga integritas," tegas Budi Argap.

"Saya yakin petugas imigrasi di sini siap untuk melayani arus balik Lebaran. Kita akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan bagi para pemudik," pungkas Budi Argap.

Berita Lainnya

Index