Pembangunan Hotel Pemprov Riau di Jakarta Ditargetkan Juni

Pembangunan Hotel Pemprov Riau di Jakarta Ditargetkan Juni

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana akan membangun hotel di Jakarta. Lokasinya tepatnya berada di Mess Provinsi Riau, Jalan Brigjen Katamso, Jakarta.

Penjabat (PJ) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto pun telah memastikan akan melakukan Ground Breaking (peletakan baru pertama) pembangunan Hotel Pemprov Riau tersebut pada bulan Juni atau Juli 2024 mendatang.

"Iya, kita berencana membangun hotel milik Pemprov Riau di kawasan Slipi Jakarta. Saya minta pastikan dan diusahakan pada Juni atau Juli sudah ground breaking," kata Pj Gubri, Sabtu (20/04/2024).

SF Hariyanto mengatakan, jika pihaknya telah membebaskan lahan di sekitar Mess Pemprov Riau di Jakarta untuk mendukung perluasan pembangunan hotel.

"Tanahnya sudah kita bebaskan dan asetnya (Mess Pemprov Riau) sudah kita hapuskan untuk pembangunan hotel ini," sebutnya.

Untuk pembangunan hotel milik Pemprov Riau di kawasan Slipi Jakarta tersebut, lanjut Pj Gubri, nantinya ditenderkan dan kerja sama pembangunannya dengan pihak ketiga.

"Sudah kita tenderkan investasi, nanti yang bangun bukan kita, kerja sama pihak ketiga. Kerja sama saja kita dengan pihak ketiga. Yang penting hasilnya sangat bermanfaat bagi Provinsi Riau. Saya berharap nanti siapapun gubernurnya, kita sudah punya hotel di sana," ujarnya.

Rencana pembangunan hotel tersebut sudah diwacanakan empat Gubernur Riau sebelumnya. Namun rencana itu tidak terwujud. Sementara di sisi lain, kondisi Mess Riau di Jakarta saat ini semakin memperihatinkan. Selain tak terurus, tak pernah lagi menjadi sumber pendapatan bagi daerah.

Selama ini, masyarakat Riau yang bepergian ke Jakarta dalam berbagai urusan, seperti berobat, atau pun karena menjenguk anaknya berkuliah di ibukota negara itu harus merogoh kocek lebih dalam untuk sekedar beristirahat di penginapan atau sekelas hotel.

Dengan adanya Hotel Riau nanti, masyarakat Riau akan memanfaatkan hotel ini lebih terjangkau. Harganya bervariasi, bahkan ada hanya Rp300 ribu permalamnya. Sementara jika keberadaan lokasi berada di pusat kota, yang bisa dengan mudah diakses ke mana pun.

Ke depan, masyarakat kalangan menengah ke atas juga bisa menjadikan Hotel Riau nantinya sebagai pilihan. Karena rencana pembangunan Hotel Riau itu nantinya menyediakan berbagai fasilitas.

Berita Lainnya

Index