Piala Asia U-23

Menang Lawan Yordania, Indonesia Bisa Melenggang ke Perempat Final

Menang Lawan Yordania, Indonesia Bisa Melenggang ke Perempat Final

CELOTEHRIAU - Timnas Indonesia U-23 akan memainkan partai terakhir mereka di Piala Asia U-23 2024 dengan melawan Yordania di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Ahad (21/4/2024) mulai pukul 22.30 WIB.

Satu hal yang penting dalam pertandingan terakhir babak penyisihan grup A ini adalah Indonesia tak boleh kebobolan. Strategi yang dipakai ketika menundukkan Australia bisa kembali dipakai Shin Tae-yong dalam pertandingan kali ini. Namun, tentu dia harus mempertajam performa lini depan dan tengah timnya.

Pertandingan ini akan digelar serentak atau dalam waktu yang sama dengan laga lainnya di grup A antara tuan rumah Qatar melawan Australia di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan.

Pertandingan ini menjadi sangat penting bagi tiga tim yang tergabung di grup A. Pasalnya, tiga tim, yakni Indonesia, Yordania, dan Australia masih berpeluang lolos ke perempat final.

Qatar menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke delapan besar setelah dalam pertandingan kedua menundukkan Yordania, 1-0. Mereka akan bertemu runner-up grup B pada 25 April mendatang.

Indonesia membuka peluang melaju ke babak selanjutnya setelah sukses menundukkan Australia 1-0 dengan perlawanan yang heroik. Pasukan Shin Tae-yong sempat dikejutkan hukuman penalti pada babak pertama setelah bek Komang Teguh dianggap melakukan hdns-ball.

Namun, kiper Ernando Ari dengan luar biasa mampu menipis tendangan striker Australia keturunan Liberia Mohamed Traore. Momen inilah yang menjadi awal meningkatnya mental Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Di pengujung babak pertama, tim underdog ini ternyata sukses mencetak gol. Komang Teguh seolah membayar kesalahan menjadi penyebab tendangan penalti dengan menjebol gawang lawan. Berawal dari sepak pojok Witan Sulaeman, bola kemudian disundul rekannya dan mengarah ke Nathan Tjoe-An-On.

Pemain kelahiran Belanda ini lantas melepaskan tendangan ke arah gawang. Sebelum sampai ke gawang, bola dibelokkan tandukan Komang Teguh yang membuat kiper Australia tak berdaya melihat gawangnya jebol.

Australia menggempur pertahanan Indonesia hampir sepanjang babak kedua. Namun, berkat kedisiplinan para pemainnya dan kehebatan kiper Ernando Ari yang tampil heroik, gawang Indonesia tak kebobolan hingga pertandingan usai.

Merah Putih pun menempati posisi kedua klasemen dengan tiga poin. Posisi teratas diisi Qatar dengan enam poin. Sementara Australia dan Lebanon yang sama-sama baru meraih satu poin berada di urutan ketiga dan keempat.

Melawan Yordania, Shin Tae-yong kemungkinan akan memainkan formasi serupa dan pemain yang sama saat menundukkan Australia.

Dia akan memainkan formasi 3-5-2, dengan menduetkan Fajar Fathurrahman dan Jeam Kelly Sroyer di lini depan. Meeeka akan ditopang lima pemain di barisan tengah yakni Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, serta Witan Sulaeman. Lini belakang akan dipercayakan kepada Komang Teguh, Rizky Ridho, serta Muhammad Ferarri. Posisi kiper tak akan beralih dari Ernando Ari yang bermain luar biasa saat melawan Australia.

Juara dan runner-up secara otomatis lolos ke perempat final. Tak kata selain menang agar Indonesia melaju dengan mantap ke babak berikutnya. Jika menjadi runner-up grup, Indonesia akan bertemu juara grup B, yang kemungkinan adalah Korea Selatan atau Jepang.

Prediksi susunan pemain:

Yordania U-23: Ahmad Al-Juaidi, Amer Rasem Adel Jamous, Arafat Haj Ibrahim, Faisal Abu Shanab, Aref Al Haj, Waseem Al Riyalat, Aon Al Maharmeh, Mohannad Abu Taha, Reziq Bani Hani, Sief Darwish, Baker Kamal Kalbouneh.

Indonesia U-23: Ernando Ari, Komang Teguh, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Fajar Fathurrahman, Jeam Kelly Sroyer

Berita Lainnya

Index