Tundukkan Yordania 4-1, Indonesia Catat Sejarah Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Tundukkan Yordania 4-1, Indonesia Catat Sejarah Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

DOHA – Indonesia menghancurkan Yordania 4-1 dalam pertandingan grup A Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Ahad (21/4/2024). Indonesia pun lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 dan mencatatkan sejarah.

Indonesia berada di peringkat kedua klasemen akhir grup A Piala Asia U-23 dengan nilai 6 dari tiga pertandingan. Tim Merah Putih berada di peringkat kedua klasemen akhir di bawah tuan rumah Qatar yang mendulang 7 poin.

Qatar, di laga lainnya hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Australia. Pada klasemen akhir grup A Piala Asia U-23, Australia menduduki peringkat ketiga dengan 2 poin, sedangkan Yordania di posisi juru kunci dengan 1 poin.

Prestasi Indonesia ini luar biasa. Sebab, tim Merah Putih baru pertama kalinya tampil di Piala Asia U-23 dan langsung lolos ke babak perempat final.

Dalam laga itu, Marselino Ferdinan mencetak gol kedua ke gawang Yordania.  Gol yang tercipta pada menit ke-70 tersebut lahir berkat kerja sama satu dua dengan Witan Sulaeman di kotak penalti. Marselino yang mencetak gol mengawali golnya dengan memberikan umpan ke Witan. Oleh Witan, bola disodorkan kepada Marselino. Dengan tenang, Marselino menaklukkan kiper Yordania.

Namun, Justin Hubner melakukan gol bunuh diri delapan menit kemudian. Bola sepakan pemain Yordania mengenai tunuh Hubner dan berbelok arah. Kiper Ernando pun terkecoh.

Yordania pun memperkecil kedudukan 1-3. Namun, pada menit ke-85, Komang Teguh mencetak gol lewat sundulan memanfaatkan lemparan jarak jauh Pratama Arhan.

Marselino dan Witan bermain menawan dalam laga Indonesia vs Yordania tersebut. Sebelumnya, Witan Sulaeman, melalui tendangan kaki kirinya memperbesar keunggulan Indonesia atas Yordania menjadi 2-0 pada pertandingan grup A Piala Asia U-23.

Gol Witan tercipta pada menit ke-40, memanfaatkan umpan bek yang juga kapten Rizky Ridho yang sebelumnya diberi umpan oleh Marselino Ferdinan. Tendangan kaki kiri Witan meluncur mulus ke sisi kanan gawang Yordania.

Marselino Ferdinan memang tampil menawan dalam laga Indonesia vs Yordania itu. Ia pula yang  mencetak gol pertama Indonesia pada menit ke-23. Marcelino mencetak gol dari titik penalti. Penalti diberikan setelah Rafael Struick dilanggar di kotak penalti.

Dengan dingin Marselino Ferdinan menaklukkan kiper Yordania. Marselino menendang bola ke arah kanan gawang, sedangkan kiper menjatuhkan badan ke sisi kiri.

Dalam laga itu, bek tangguh Justin Hubner menjadi starter. Sebelumnya, Justin Hubner tidak bisa bergabung dengan skuad Garuda Muda sejak awal turnamen Piala Asia U-23. Di laga perdana Piala Asia U-23 melawan Qatar, dia tidak tampil.

Pemain klub Jepang Cerezo Osaka tersebut baru bergabung ke skuad Timnas Indonesia U-23 jelang melawan Australia pada Kamis (18/4/2024). Ia langsung diturunkan pelatih Shin Tae-yong pada menit ke-72.

Selain Justin Hubner, lini belakang mengandalkan Ricky Ridho, Pratama Arhan, Muhammad Ferarri, dan Nathan Tjoe-A-On.

Di lini tengah, pelatih Shin Tae-yong menurunkan Ivar Jenner, Marselino Ferdinan. Mereka akan menyokong trio lini depan Wita Sulaiman, Rafael Struick, dan M Fajar.

Kiper Ernando Ari Sutaryadi, yang tampil gemilang saat bertemu Austrlia, kembali dipercaya sebagai penjaga gawang.

Berita Lainnya

Index