Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Uzbekistan, Garuda Muda Gagal ke Final

Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Uzbekistan, Garuda Muda Gagal ke Final
Semifinal Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23, Senin (29/4/2024) (c) AFC Official

DOHA - Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke final Piala Asia U-23 setelah menyerah 0-2 kepada Uzbekistan dalam pertandingan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (21/4/2024) malam WIB.

Dua gol Uzbekistan dilesakkan Khusayin Norchaev serta bunuh diri Pratama Arhan. Di final, Uzbekistan pun akan bertemu dengan pemenang semifinal lainnya antara Jepang melawan Irak. Final akan digelar Jumat (3/5/2024) di Stadion Jassim bin Hamad.

Dua pemenang dalam semifinal dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Indonesia masih memiliki kesempatan tiket otomatis ke Olimpiade jika memenangkan partai perebutan peringkat ketiga melawan tim yang kalah dalam laga antara Jepang melawan Irak. Laga perebutan tempat ketiga akan digelar pada Kamis (2/5/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Tim yang kalah dalam pertandingan perebutan tempat ketiga masih berpeluang mendapatkan tiket ke Paris jika mampu menang dalam pertandingan playoff melawan wakil Afrika Guinea.

Indonesia melaju ke semifinal setelah sebelumnya menundukkan Korea Selatan lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 11-10. Kedua tim harus menyelesaikan laga ini dengan adu penalti setelah sebelumnya bermain imbang 2-2 pada babak normal dan tambahan.

Sementara Uzbekistan berhak tampil di babak empat besar setelah menyingkirkan Saudi Arabia, 2-0 di perempat final.

Partai semifinal Piala Asia U-23 antara Indonesia melawan Uzbekistan ini dipimpin wasit asal Tiongkok Shen Yinhao. Sementara wasit VAR adalah Sivakorn U-Udom dari Thailand.

Dalam pertandingan ini, pelatih Shin Tae-yong menurunkan formasi 3-4-3. Dia menempatkan Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, dan Witan Sulaeman lini depan.

Mereka ditopang Pratama Arhan, Nathan Tjoe A On, Ivar Jenner, dan Fajar Fathur Rahman. Justin Hubner, Rizky Ridho, dan Muhammad Ferarri menjadi andalan di lini belakang. Mereka mengawal kiper Ernando Ari.

Uzbekistan bermain agresif sejak babak pertama dimulai. Mereka terus berusaha merangsek pertahanan Indonesia. Namun, ketatnya pertahanan Indonesia membuat mereka gagal membuat gol.

Menit ke-26, pemain belakang Uzbekistan terlihat mengganjal Witan Sulaeman di dalam kotak penalti. Wasit kemudian melihat VAR untuk memastikan insiden ini, tetapi wasit kemudian memastikan ini bukan penalti.

Menit ke-30, Abdurauf Buriev melepaskan tendangan dari luar kotak penalti setelah mendapat umpan dari Abbosbek Fayzullaev. Namun, tendangannnya gagal menjadi gol karena terkena mistar gawang,

Menit ke-36, Uzbekistan kembali mendapat peluang. Pemain nomor 7 Erkinov menyundul bola tepat ke gawang. Beruntung, sundulannya bisa diamankan kiper Ernando.

Pratama Arhan membuat peluang di gawang Uzbekistan pada menit ke-43. Namun, umpannya bisa dibuang para pemain belakang Uzbekistan.

Uzbekistan kembali membuat peluang saat injury time. Beruntung, Ernando Ari tampil cekatan dan berhasil memetik bola di udara.

Memasuki babak kedua. Uzbekistan memasukkan Husain Norchaev menggantikan Hojimat Erkinov dan Jasurbek Jaloliddinov menggantikan Ulugbek Khoshimov.

Pada awal babak kedua ini kedua Indonesia mencoba bermain lebih menekan. Namun, Uzbekistan justru mendapat peluang. Pada menit ke-50, bek Abdurakhmatov melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dari sisi kiri, tetapi berhasil ditangkap dengan baik oleh Ernando Ari.

Beberapa saat kemudian, Uzbekistan juga kembali mendapat peluang. Abbosbek Fayzullaev melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi bisa diblok para pemain Indonesia.

Menit ke-55, Uzbekistan kembali membuat serangan di pertahanan Indonesia. berhasil melepaskan tendangan. Beruntung aksinya melebar dari tiang jauh ke sisi kanan gawang Ernando Ari.

Nomor 10 melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Dia bisa bebas melakukan tendangan karena tak ada pemain Indonesia yang mengawal. Untung tendangannya melenceng.

Indonesia sempat menjebol gawang Uzbekistan berkat tendangan bek Muhammad Ferarri. Pemain belakang ini menjebol gawang Uzbekistan pada menit ke-61. Memanfaatkan umpan dari sisi kiri, Ferarri menerima bola, tetapi lepas ke arah Sananta. Bola kemudian diumpankan Sananta dan ditendang Ferarri serta melesak ke gawang.

Namun, gol ini dianulir wasit karena Sananta dianggap tertangkap offside. Wasit menyatakan Sananta offside setelah melihat VAR.

Uzbekistan justru membuat gol pada menit ke-68. Gol dilesakkan pemain pengganti Husain Norchaev setelah mendapatkan umpan dari sisi kanan dari Rakhmonaliev. Menyambut umpan dari sisi kiri, Norchaev menyambut bola dengan kaki kiri yang membuat Ernando Ari terpaku.

Menit ke-71, Uzbekistan mendapat peluang lagi. Abbosbek Fayzullaev melapaskan tendangan dari luar kotak penalti. Ernando Ari sudah terlihat pasrah tidak berupaya menjangkau bola dan pasrah. Sepakan Fayzullaev gagal membuahkan gol karena membentur tiang gawang.

Menir ke-76, Indonesia melakukan pergantian pemain. Shin Tae-yong memasukkan Jeam Kelly Sroyer menggantikan Ramadhan Sananta.

Indonesia kemudian mendapat serangan bertubi-tubi dari lawan. Pemain Uzbekistan juga mendapat peluang lagi. Namun, sundulan pemainnya kembali membentur mistar gawang Ernando Ari.

Menit ke-84, Indonesia harus kehilangan bek Rizky Ridho. Dia terkena kartu merah karena dianggap berbuat kasar terhadap kapten Uzbekistan Jasurbek Jaloliddinov saat membuang bola.

Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-85 oleh Pratama Arhan yang menjebol gawang sendiri. Gol berawal dari tendangan bebas Jasurbek Jaloliddinov. Bola bisa diblok Ernando Ari dan kemudian disambut sundulan Khusanov ke gawang. Pratama Arhan berusaha membuang bola, tetapi melesak ke gawang sendiri. Skor pun berubah 2-0 untuk keunggulan Uzbekistan.

Wasit kemudian menambah waktu injury time selama 16 menit. Namun, hingga pertandingan usai tak ada tambahan gol yang terjadi. Indonesia tetap menyerah 0-2 dalam laga ini. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan memainkan laga perebutan peringkat ketiga pada Kamis (2/5/2024) mendatang.

Susunan pemain:

Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari; Justin Hubner, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri; Fajar Fathur Rahman, Nathan Tjoe A On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman.
Pelatih: Shin Tae-yong

Uzbekistan U-23 (4-2-3-1): Abduvokhid Nematov; Zafarmurod Abdurakhmatov, Abdukodir Khusanov, Hojimat Erkinov; Ulugbek Khoshimov, Asadbek Rakhimzhonov; Abbosbek Fayzullaev, Zafarmurod Abdurakhmatov, Zafarmurod Abdurakhmatov, Alisher Odilov; Abdurauf Buriev.
Pelatih: Timur Kapadze

Berita Lainnya

Index