Afni jadi Bakal Calon Bupati Pertama Ambil Formulir ke Nasdem Siak

Afni jadi Bakal Calon Bupati Pertama Ambil Formulir ke Nasdem Siak

SIAK - Hari pertama buka penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Siak 2024, kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Siak kedatangan pendaftar pertama calon bupati Siak, Afni Zulkifli, Rabu (1/5/2024).

Afni diketahui mengambil formulir ke Nasdem diwakili oleh tim pemenangannya, sebab Afni hadir dalam agenda PKB.

"Tadi yang datang mengambil formulir untuk Afni adalah tim pemenangannya," kata ketua DPD Partai Nasdem Siak, Muhammad didampingi sekretaris Nasdem Siak, Marzuki.

Muhammad membenarkan, Afni adalah kandidat pertama yang mengambil formulir ke DPD Partai Nasdem Siak di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak.

"Kalau untuk hari pertama yang sudah konfirmasi baru Afni. Informasi dari tim desk penjaringan Jumat lusa petahana Alfedri dan Husni Merza direncanakan juga datang ke Nasdem untuk mengambil formulir," katanya.

Muhammad mengatakan, Nasdem membuka penjaringan bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah hanya sepekan, terhutung mulai dari 1-7 Mei mendatang. Untuk itu calon yang mendaftar harus mengembalikan berkas pendaftaran sebelum jadwal penutupan.

Demikian juga disampaikan Sekretaris DPD Partai Nasdem Siak Marzuki, setelah menutup penjaringan, tahapan selanjutnya 8-10 Mei DPD Nasdem Siak menggelar pleno dan menyerahkan berkas calon ke DPW dan DPP.

"Hasil pleno ini akan diantar ke DPW Nasdem, kemudian DPW akan menggelar pleno usulan bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah 11-13 Mei," kata Marzuki.

"Bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah wajib mengikuti psikotes dan wawasan kebangsaan 15-17 Mei yang selesenggarakan DPP," tambahnya.

DPP Nasdem juga bakal melakukan wawancara terhadap calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang dilakukan pada 20-30 Juli mendatang.

Setelah itu DPP Nasdem menggelar rapat pleno, sebelum mengeluarkan rekomendasi dukungan kepada bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah dari Nasdem.

"Bagi bakal calon yang mendapatkan rekomendasi, akan mengikuti sekolah calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah dari Nasdem yang diselenggarakan di awal Agustus mendatang," katanya.

Marzuki mengatakan pada 1-26 Agustus, DPP Partai Nasdem akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang didukung.

Sebagaimana diketahui NasDem melalui Bappilu menetapkan 9 lembaga survei untuk melihat elektabilitas calon atau potensi kemenangan calon.

Sembilan lembaga survei yang dimaksud adalah Politika Research and Consulting (PRC), Arus Survei Indonesia, Indikator Politik Indonesia, PolMark Indonesia, Voxpol Centre Research and Consulting, Indonesia Polling Stations (IPS), Indekstat, Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Indopol Survei dan Consulting.

Berita Lainnya

Index