Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Lewat Jalur Putaran Ketiga Kualifikasi, Bagaimana Caranya?

Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Lewat Jalur Putaran Ketiga Kualifikasi, Bagaimana Caranya?
Timnas Indonesia - Ilustrasi nuansa Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Bola.com/Adreanus Titus)

JAKARTA - Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia 2026 lewat jalur putaran ketiga babak kualifikasi. Bagaimana caranya?

Timnas Indonesia selangkah lagi melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim berjulukan Skuad Garuda ini tinggal membutuhkan satu kemenangan.

Dalam dua partai tersisa putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Irak pada 6 Juni 2024 dan Timnas Filipina pada lima hari berselang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Di klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Irak memimpin dengan 12 poin dari empat laga, disusul Timnas Indonesia lewat tujuh angka, Timnas Vietnam dengan tiga poin, dan Filipina lewat nilai satu.

Ke Putaran Ketiga

Nantinya, 18 negara hasil dari juara dan runner-up Grup A-I putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 berhak untuk melangkah ke putaran ketiga yang akan dibagi ke dalam tiga grup.

Masing-masing grup berisikan enam peserta. Peringkat pertama dan kedua grup akan lolos ke Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Sementara, peringkat ketiga dan keempat dari tiga Grup A-C bakal masuk putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Enam tim akan disebar ke dua grup. Dua juara grup akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Putaran Kelima dan Play-off Antat-konfederasi

Tim peringkat kedua di dua grup itu bakal berhadapan di putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pemenangnya akan berkancah di play-off antar-konfederasi Piala Dunia 2026.

Play-off antar-konfederasi Piala Dunia 2026 bakal diikuti enam tim meliputi dua dari CONCACAF, satu dari Asia, Afrika, Amerika Selatan, dan Oceania untuk memperebutkan dua tiket ke putaran final.

7 Negara Sudah Lolos

Sejauh ini, selain Irak, sudah ada enam negara yang telah menyegel tiket di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 meliputi Timnas Australia, Timnas Iran, Timnas Jepang, Timnas Qatar, Timnas Uni Emirat Arab (UEA), dan Timnas Uzbekistan.

"Selanjutnya ada kesempatan ke Piala Dunia 2026. Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia sebaik mungkin untuk pertandingan berikutnya agar kami bisa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Saya akan mengusahakannya," ujar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Berita Lainnya

Index