Pemda Pelalawan Raih WTP ke-12 dari BPK RI

Pemda Pelalawan Raih WTP ke-12 dari BPK RI

PELALAWAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan kembali berhasil meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI, Rabu (22/5/2024). Praktis penghargaan ini untuk ke-12 kalinya, diterima Pemda Pelalawan.

Penghargaan ini diterima langsung bupati Pelalawan H Zukri, SE yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Jariyatna, S.E., M.M., Ak., CPA., CPSAK, di Pekanbaru.

Pada kesempatan itu Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Jariyatna, S.E., M.M., Ak., CPA., CPSAK, CSFA dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan dukungan dari Bupati/Walikota dalam pelaksanaan pemeriksaan ini. 

"Kami atas nama pimpinan BPK mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati/Walikota dan pimpinan DPRD dan atau mewakili dan seluruh jajaran atas kerjasamanya sehingga dapat melaksanakan kegiatan kita ini dengan lancar. Izinkan saya menyampaikan bahwa pemeriksaan itu bertujuan untuk menilai kewajaran penyajian laporan keuangan dan opini ini merupakan pernyataan profesional jadi pemeriksaan BPK ini selain ASN (Aparatur Sipil Negara) juga profesi sehingga terikat dengan kode etik pemeriksaan, sehingga kami dalam melakukan pemeriksaan tentu saja sesuai dengan standar pemeriksaan keuangan negara. Pemeriksaan keuangan ini memang tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan, meskipun demikian dalam proses pemeriksaan jika mereka menemukan adanya indikasi kecurangan penyimpangan atau pelanggaran terhadap kebutuhan perundang-undangan, kami sudah menerapkan prosedur yang cukup dalam rangka pemeriksaan keuangan,” ungkapnya.

"Bapak dan ibu sekalian, hari ini saya menyerahkan laporan keuangan kepada bapak ibu dengan opini WTP dan insyaAllah ini sudah sekian kalinya dan saya alhamdulillah membuat bahagia, karena sebelum diserahkan sudah tahu yakin akan WTP yang artinya bahwa pengelolaan keuangan di lingkungan bapak ibu sekalian sangat baik. Saya pakai perumpamaan penyakit flu adalah korupsi dan penyakit flu tidak ada obatnya, karena satu-satunya untuk obat flu adalah badan yang sehat. Semoga dengan diberikaannya laporan keuangan dan opini WTP ini menandakan Pemerintah Daerah yang bapak ibu pimpin memiliki simptom tubuh yang sehat,” imbuhnya.

Sementara bupati Pelalawan H Zukri, SE mengatakan, penghargaan WTP ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2023. Ia merasa bersyukur karena Kabupaten Pelalawan berhasil meraih penghargaan opini WTP yang ke-12 kali berturut-turut.

“Alhamdulillah BPK RI Perwakilan Pekanbaru telah menyerahkan LHPK 2023 dan Pelalawan berhasil meraih opini WTP untuk kedua belas kali berturut-turut," kata Bupati.

Ikut mendampingi penerimaan WTP ke-12 ini wakil ketua DPRD Faizal pada kesempatan itu Bupati H Zukri berharap dengan diraihnya penghargaan ini, dapat memotivasi Pemkab Pelalawan untuk terus mempertahankan opini WTP kedepannya. 

Pada kesempatan tersebut ia  juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi mempertahankan opini WTP.

Terima kasih Kepada Sekda, Perangkat Daerah terkait seperti BPKAD, Inspektorat yang telah bekerja bersama-sama bersinergi sehingga Kabupaten Pelalawan dapat kembali meraih penghargaan opini WTP ini," tandasnya.***

Berita Lainnya

Index