Kepala Daerah di Riau Diminta Dukung Pendataan Potensi Desa

Kepala Daerah di Riau Diminta Dukung Pendataan Potensi Desa

PEKANBARU  - Melihat masih banyak potensi desa yang belum tergali maksimal, Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto minta seluruh kepada daerah di Provinsi Riau untuk mendukung pelaksanaan pendataan Potensi Desa (Podes) tahun 2024 yang sedang berlangsung selama Mei ini yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Tujuan pendataan Podes 2024 ini untuk menghasilkan data potensi wilayah, ketersediaan infrastruktur/fasilitas, serta kondisi sosial-ekonomi di setiap desa/kelurahan.

"Saya, Pj Gubernur Riau mengajak seluruh bupati/wali kota, camat, lurah atau kepala desa di wilayah Provinsi Riau untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pendataan Podes 2024 yang sedang berlangsung selama Mei ini," ajak SF Hariyanto, Rabu (22/05/2024).

Pendataan Podes 2024 ini nantinya akan menghasilkan data berbasis kewilayahan yang dimiliki oleh semua tingkatan wilayah administrasi pemerintahan, baik kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa/kelurahan.

Selain itu, Podes 2024 juga digunakan untuk pembentukan Indeks Kesulitan Geografis (IKG) yang dapat digunakan untuk memetakan wilayah kantong kemiskinan dan pengalokasian dana desa.

"BPS melakukan pendataan Podes 2024 kepada aparat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia, untuk mendapatkan data tematik berbasis kewilayahan yang menggambarkan potensi wilayah," sebut SF Hariyanto.

Pentingnya keakuratan data, kata Pj Gubri, menjadi kunci utama dalam pembangunan dan kemajuan di daerah Provinsi Riau. Karena itu, ia menginstruksikan seluruh jajanan pemerintahan di setiap tingkatan di daerah agar menyiapkan informasi yang benar dan faktual.

"Mari kita tunjukkan komitmen kita untuk kemajuan desa-desa di Provinsi Riau dengan memberikan dukungan penuh terhadap Podes 2024," katanya.

Partisipasi aktif dari pemerintah daerah, baik tingkat desa/ kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/ kota, akan sangat diperlukan dalam proses pendataan Podes 2024. Partisipasi tersebut akan membuat data Podes 2024 lebih valid dan bermanfaat bagi pembangunan.

Berita Lainnya

Index