Jadi khatib Shalat Id, Bupati Pelalawan: Anak Wajib Berbakti Pada Ortu

Jadi khatib Shalat Id, Bupati Pelalawan: Anak Wajib Berbakti Pada Ortu

PELALAWAN - Bupati Kabupaten Pelalawan H Zukri, SE bertindak menjadi khatib saat Shalat Idhul Adha 1445 Hijrah di lapangan kantor Camat Pangkalan Kuras, Senin (17/6/2024). Pesan mengharukan ia sampaikan adalah berbakti kepada orang tua (ortu) merupakan kewajiban setiap anak. 

Menurut bupati H Zukri, tanpa peran kedua orang tua tidak akan ada satu anak pun yang bisa mencapai kesuksesan, baik itu pejabat sukses, politikus hebat, pegawai teladan, pengusaha, dan profesi apapun.

"Ketahuilah bahwa tanpa andil kerja keras dan doa kedua orang tua, kita semua tidak akan bisa menggapai kesuksesan,” cakap bupati H Zukri.

H Zukri mengingatkan agar anak-anak senantiasa menyayangi orang tua saat masih hidup, terutama seorang ibu yang telah mengandung selama sembilan bulan dalam keadaan kepayahan dan melahirkan dengan kondisi bertaruh nyawa.

"Panjatkan doa terbaik bagi saudara-saudara yang orang tuanya sudah tiada,” ujar bupati Pelalawan.

Khutbah serta lantunan doa yang disampaikan bupati Pelalawan terkhusus mengenai jejak perjuangan kedua orang tua membuat suasana jamaah Shalat Id menjadi mengharukan. Sejumlah jemaah berulangkali menyeka airmata, baik jamaah laki-laki maupun perempuan.

Dikatakan bupati H Zukri hubungan timbal balik antara orang tua dan anak bukan sekedar mendidik saja. Tetapi hari ini kita menjadi anak yang dilahirkan dari rahim seorang ibu dengan susah payah. 

Perjuangan yang susah payah ini kata bupati H Zukri jika mau dihitung, takkan sanggup kita bayar, pengorbanan seorang ibu ini yang melahirkan kita di muka bumi. “Maka apapun yang kita lakukan hari ini, apapun yang kita berikan apapun yang kamu berikan untuk ibumu,  orang tua mu, tidak ada apa-apanya, bila dibandingkan dengan pengorbanannnya,” ujar bupati Zukri.

Untuk itu bupati H Zukri berpesan jangan membuat orang tua sedih. Yakinlah, jika kedua orang tua mu bersedih, yakinlah kau tidak akan mendapatkan syurga Allah, SWT. 

“Jika kalian durhaka pada kedua orang tua mu, demi Allah, kau tidak akan dapat syurganya Allah,” tegas bupati H Zukri.

Makanya dari itu ia meminta kepada seluruh jamaah, setelah shalat Idhul Adha ini, datanglah kerumah orang tua mu. Datangi mereka, jumpai mereka, minta maaflah kepada mereka karena kamu tidak akan pernah tahu kapan Allah akan panggil mereka dan kapan umurmu akan dipanggil oleh Allah.

“Datanglah kerumah mereka, minta maafkan kepada mereka, karena kita pasti banyak salah, buat mereka tersenyum bahagia, peluklah erat tubuhnya, Insya Allah, Allah akan jadikan momen Idhul Adha ini, momen pengampunan dosa-dosa bagi kita semua,” urainya.

Pada kesempatan itu Bupati Zukri menyampaikan bahwa selaku Pemimpin dirinya,  seorang insan yang penuh dengan kekurangan, penuh dengan kelemahan, dirinya bukanlah seorang Bupati yang sempurna, bukanlah seorang Bupati yang semuanya baik, melainkan seorang insan yang banyak salah yang banyak khilaf, banyak kekurangan.

Maka  pada momen hari raya Idul adha ini, karena ini salah satu momen memohon ampun kepada Allah dan memohon maaf kepada seluruh umat manusia. Selaku pemimpin, Beliau menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh rakyat Kabupaten Pelalawan, khususnya masyarakat Pangkalan Kuras, segala kekurangan selama ini, demoga menjadi perbaikan bagi kita kedepannya.***

Berita Lainnya

Index