SEMIFINAL EURO 2024

Duel Tim Juara Bertabur Bintang , Spanyol atau Prancis?

Duel Tim Juara Bertabur Bintang , Spanyol atau Prancis?

CELOTEH RIAU --- Allianz Arena, Munchen, Rabu, 10 Juli 2024, pada pukul 02.00 WIB dinihari nanti bakal menjadi saksi duel tim juara bertabur bintang Spanyol kontra Prancis  di babak semifinal Euro 2024.

Duel tim berjuluk " La Furia Roja dan Les Blues  merupakan ulangan di Euro 1984.Saat  kedua tim bersua di partai final. Prancis menjadi pemenang dan tampil sebagai juara Piala Eropa untuk pertama kali dalam sejarah.

Michael Platini dan kawan-kawan menang 2-0.Dan ia tampil sebagai bintang. Pada final itu, Platini mencetak gol pembuka dari tendangan bebas. Satu gol lainnya diciptakan Bruno Bellone memanfaatkan assist Jean Tigana.

Final Euro 1984 inilah menjadi ajang awal persaingan La Furia Roja dan Les Bleus, dua tim besar yang kemudian memiliki sejarah pertemuan di ajang besar internasional.

Kedua tim pertama kali bersua pada tahun 1922 silam dalam pertandingan uji coba. Saat itu Spanyol menang 4-0 di Paris.Total keduanya telah bertemu dalam 36 pertandingan di semua ajang.

Spanyol meraih 16 kemenangan sementara Prancis mengalahkan La Roja 13 kali dengan 7 laga lainnya berakhir imbang.

Ya, dari pertemuan itu, ada dua gelar Prancis di Piala Eropa yang diraih setelah mengalahkan Spanyol. Pertama  di final Euro 1984 dan kedua di perempat final Euro 2000, sebelum Les Bleus akhirnya menjadi kampiun setelah mengalahkan tim "Azzurri "Italia.

Duel sengit di Stadion Allianz Arena adalah yang keenam dalam ajang besar internasional. Baik Piala Eropa dan Piala Dunia. Terakhir kali keduanya bertemu terjadi di final UEFA Nations League 2020-2021.Dalam pertandingan 10 Oktober 2021 yang digelar di Stadion Giuseppe Meazza (Italia), Prancis menang 2-1 dan tampil sebagai juara. Kylian Mbappe mencetak gol kedua Prancis yang menentukan kemenangan Les Blues bersama pelatih Didier Deschamps.

Gelar UEFA Nations League tersebut merupakan trofi kedua Prancis di bawah asuhan Didier Deschamps setelah gelar Piala Dunia 2018. Nah semi-final  kali ini Siapakah yang bakal sukses, Spanyol atau Prancis? (***) 

 

Berikut Ini Pertemuan Spanyol dan Prancis di Ajang Besar Internasional (Piala Dunia dan Piala Eropa)


Euro 1984, Final, Prancis 2-0 Spanyol

Gelar Piala Eropa 1984 menjadi trofi utama pertama dalam sejarah Prancis. Gelar tersebut mereka raih setelah di final mengalahkan Spanyol, 2-0.

Michel Platini mencetak satu gol melalui tendangan bebas, gol ke-9 yang diciptakannya di turnamen yang digelar di Prancis dan membuatnya sebagai pencetak gol terbanyak di ajang tersebut. Sedangkan satu gol lainnya diciptakan Bruno Bellone pada menit ke-90 memanfaatkan assist Jean Tigana.

Euro 1996, Fase Grup, Prancis 1-1 Spanyol

Pada Euro 1996, Prancis dan Spanyol bertemu di fase grup. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Elland Road tersebut, laga berakhir imbang 1-1. Youri Djorkaeff mencetak gol Prancis namun Spanyol berhasil menyamakan kedudukan melalui Jose Luis Caminero.

Euro 2000, Perempat Final, Prancis 2-1 Spanyol

Prancis menang 2-1 atas Spanyol di perempat final Euro 2000. Kemenangan Prancis di awali dengan gol Zinedine Zidane. Prancis menyamakan kedudukan melalui gol Gaizka Mendieta. Namun, gelandang Youri Djorkaeff membuat Prancis menang 2-1 lewat gol pada menit ke-44.

Piala Dunia 2006, 16 Besar, Prancis 3-1 Spanyol

Timnas Prancis menang 3-1 atas Spanyol dalam 16 besar Piala Dunia 2006 yang digelar di Jerman. Spanyol unggul lebih dulu melalui penalti David Villa pada menit ke-27. Namun, Prancis berhasil membalikkan kedudukan. Tiga gol Prancis pada laga tersebut diciptakan Franck Ribery, Patrick Vieira, dan Zinedine Zidane.


Euro 2012, Perempat Final, Spanyol 2-0 Prancis

Pertemuan terakhir Spanyol dan Prancis dalam turnamen besar terjadi di perempat final Euro 2012. Dalam ajang yang digelar di Polandia dan Ukraina itu, Spanyol menang 2-0 atas Prancis lewat dua gol yang diciptkan Xabi Alonso.

Euro 2024, Semifinal Spanyol vs Prancis??? 

Berita Lainnya

Index