Pj Gubernur Riau SF Hariyanto Dicoklit Pantarlih, Bawaslu Ikut Mengawasi

Pj Gubernur Riau SF Hariyanto Dicoklit Pantarlih, Bawaslu Ikut Mengawasi

PEKANBARU - Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto telah dicoklit oleh Pantarlih terkait dengan pemutakhiran data pemilih Pilkada 2024. Pencoklitan dilangsungkan pada Kamis (18/7/2024) malam di Kediaman Gubernur Riau Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Selain petugas Pantarlih, pencocokan dan penelitian data pemilih terhadap Pj Gubernur Riau juga dihadiri oleh Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan dan anggota Abdul Rahman dan Supriyadi. Hadir juga, ketua dan anggota KPU Pekanbaru beserta penyelenggara adhocnya.

Selain itu, pencoklitan SF Hariyanto sekeluarga juga diawasi oleh Bawaslu. Hadir pada pencoklitan itu Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Ketua Bawaslu Pekanbaru Ferdy, anggota Bawaslu Pekanbaru Raja Inal dan sejumlah pengawas adhoc pilkada.

Pada kesempatan itu, SF Hariyanto memberikan keterangan tentang data keluarganya terkait kepentingan coklit. Dan kepada petugas, SF Hariyanto menyebutkan bahwa dalam keluarganya terdapat 3 pemilih, yakni dirinya, istri dan seorang anak.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal menyebutkan bahwa kehadiran Bawaslu pada coklit tersebut sebagai upaya pengawasan. Dimana, pengawasan terhadap pelaksanaan coklit ini dilakukan melalui pengawasan melekat (waskat) dan uji petik.

"Saat pengawasan melekat kita ingin memastikan apakah proses coklit yang dilakukan pantarlih sudah sesuai aturan apa belum. Dan nanti diperkuat dengan uji petik ke beberapa rumah masyarakat untuk memastikan apakah pantarlih benar-benar datang ke rumah warga untuk mencoklit," papar Alnof.

Berita Lainnya

Index