Pilkada 2024, DKPP Singgung Integritas Anggota KPU se-Riau

Pilkada 2024, DKPP Singgung Integritas Anggota KPU se-Riau

PEKANBARU - Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, menyampaikan pesan penting tentang integritas kepada Anggota KPU se-Riau.

Hal ini dikatakannya dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Kode Etik yang diadakan oleh KPU Riau pada Jumat 19 sampai dengan Ahad 21 Juli 2024. Raka Sandi mengajak seluruh penyelenggara Pemilu dan Pemilihan untuk terus menjaga integritas dan profesionalisme.

"Kami mengharapkan agar semua penyelenggara Pemilu dan Pemilihan selalu menjaga integritas. Dengan bekerja secara profesional, kita dapat memperoleh legitimasi publik yang diperlukan," ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya peningkatan kapasitas penyelenggara dalam memahami peraturan perundang-undangan yang relevan.

"Selain menjaga integritas, penting bagi penyelenggara untuk terus meningkatkan kapasitas mereka agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan menambahkan, Bimtek ini sangat penting mengingat tantangan berat yang akan dihadapi dalam Pilkada Serentak 2024.

"Bimtek tentang kode etik ini adalah langkah krusial, mengingat pekerjaan dalam pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan sangat rentan terhadap godaan yang bisa merusak reputasi KPU. Penting untuk selalu diingatkan agar tidak tergelincir ke dalam permasalahan yang melanggar kode etik," jelas Rusidi.

Berita Lainnya

Index