Besok, Pj Gubernur Riau Buka Rakerprov KONI Riau 2024, Penentuan 5 Cabor Baru Anggota KONI

Besok, Pj Gubernur Riau Buka Rakerprov KONI Riau  2024, Penentuan 5 Cabor Baru Anggota KONI
Waka I KONI Riau Khairul Fahmi memaparkan persiapan Rakerprov KONJ Riau Tahun 2024. (Celotehtiau.com/YW) .

PEKANBARU -- Kamis (24/7/2024) malam, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto  dijadwalkan membuka Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau  tahun 2024.

Acara yang digelar 24-25 Juli 2024 di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru ini memiliki dua agenda penting. Yakni pemaparan  persiapan Kontingen PON Riau  dan pemaparan Ketua kontingen  H Rusli Zainal. Dan agenda kedua adalah pemaparan persiapan  Tuan rumah Porprov 2026 Kabupaten Siak  dan Kota Dumai.

Wakil Ketua I  KONI Riau Khairul Fahmi menuturkan rakerprov KONI Riau 2024 digelar sesuai Anggaran Dasar /Anggaran Rumah Tangga KONI Pasal 33. Dimana Rakerprov KONI dihadiri oleh Pengurus KONI Provinsi, utusan dari setiap anggota dan undangan lainnya.

"Rakerprov KONI Riau adalah agenda rapat tahunan yang dihadiri urusan 12 KONI Kabupaten/ Kota, seluruh Pengprov Cabor Forkopimda,  dan perwakilan KONI Pusat  yakni Waka II Mayjend Sudarmo dan Kabid Hukum KONI Pusat. persiapannya sudah hampir 100 persen, " kata Khairul Fahmi.

Pada acara pembukaan juga akan ada penampilan dari atlet Persani Riau dan IODI yang tampil secara Medley.

Nanti juga, kata Khairul Fahmi setelah pembukaan akan ada pemaparan persiapan dari Ketua Kontingen Riau untuk PON XXI Aceh -Sumut 2024 H M Rusli Zainal MM.

Khairul Fahmi menjelaskan, pada sesi persidangan Jumat 8.30 WIB akan ada pemaparan dari DR Sigit dengan materi tata cara persiapan  cabor melakukan protes ketika dicurangi . "Artinya para cabor akan mendapatkan pengayaan informasi tentang tata cara dan persiapan dokumen yang harus dipersiapan untuk melakukan protes jika merasa ada keputusan yang dirasakan merugikan," kata Fahmi.

Setelah itu kata Fahmi baru dilaksanakan sidang komisi. Di komisi A akan membahas laporan kegiatan KONI 2023 dan rencana dan program kerja 2024 dan membahas  serta mendengarkan verifikasi terkait cabor yang mendaftar sebagai anggota.

Kemudian, pada sidang Komisi B, membahas persiapan Porprov 2026 serta  cabor yang diusulkan tuan rumah. " Dari hasil verifikasi cabor inilah udah final. Sehingga pada 2025 tuan rumah fokus persiapan cabornya, " sebutnya.

Selain itu sambung Fahmi, dalam rakerprov nanti akan ada laporan hasil verifikasi cabor yang mendaftar sebagai anggota KONI Riau. Yakni  cabor Triatlhon, Hakkido, IBCA  MMA, Woodball dan Teqball.

" Terkait verifikasi cabor baru ini akan disampaikan langsung oleh Tim verifikasi yang di ketuai Aryo. Apakah sudah memenuhi secara administrasi serta faktual.Soal diterima atau tidak menjadi anggota KONI,  akan ditentukan peserta Rapat Kerja (Raker) KONI Riau. Pasalnya, untuk memastikan diterima atau ditolaknya sebagai anggota KONI Riau tergantung kesepakatan atau keputusan peserta Raker.Setelah pada saat raker dibahas baru diplenokan . Karena  pleno merupakan keputusan tertinggi raker," pungkasnya.(***/CR3) 



 

Berita Lainnya

Index