Ini Kiper Seharga Rp1,5 Trilyun, Pernah Permalukan Pemain Bayern Leverkusen

Ini Kiper Seharga Rp1,5 Trilyun, Pernah Permalukan Pemain Bayern Leverkusen
Jan Oblak

PEKANBARU - Kiper Atletico Madrid Jan Oblak akan turun membela gawang timnas Slovenia pada laga kualifikasi Piala Eropa 2020 nanti malam melawan Polandia. Ini menjadi tugas yang menakutkan mengingat ada striker Bayern Munchen Robert Lewandowski di kubu lawan.

Namun seperti terlihat dari video di bawah ini, Jan Oblak dikenal ke seluruh dunia karena ketangguhannya di depan gawang, keterampilan yang membuat kiper ini memiliki nilai transfer Rp1.5 Trilyun, masih di atas kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen yang hanya mencapai Rp 1.4 Trilyun dan juga di atas kiper Liverpool Alisson Becker yang hanya Rp 1.24 Trilyun.

Adegan Heroik Kiper Rp1,5 Trilyun Saat Melawan Bayer Leverkusen

Adegan di bawah ini terjadi pada Maret 2017 saat laga Liga Champions di kandang Atletico. Dalam sebuah serangan oleh anak-anak Bayer, Julian Brandt (nomor punggung 19) tampak masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan sebuah tendangan keras setengah melambung. Seolah-olah akan gol tapi berhasil diblok oleh Oblak.

Dari bola muntah setelahnya diterjang mendatar oleh Kevin Volland. Juga gagal! Bola muntah lagi untuk ketiga kalinya yang dengan segenap tenaga dan jiwa disikat oleh pemain dengan nomor punggung 31 tersebut melalui kaki kirinya dan gagal lagi! Bola kemudian melambung ke sisi kiri lapangan dan disambar oleh satu pemain Bayer Leverkusen lagi, menyilang ke tiang jauh dan meleset keluar.

Sebenarnya untuk tendangan silang yang terakhir itu Jan Oblak sudah pasrah. Tipis sekali meleset di tiang jauh. Skor akhir pertandingan tahukah Anda? 0-0. Tidak oblak Jan Oblak menerima serangan bertubi-tubi.

Tak percaya dengan adegan yang baru saja dilihatnya pemain dengan nomor punggung 38 Karim Bellarabi memegangi kepalanya. Ia tidak percaya bahwa timnya gagal mencetak gol pada situasi seperti itu. Empat tembakan beruntun dan gagal. Tim yang berkandang di BayArena itu terhenti di babak 16 besar Liga Champions pada laga musim 2016/2017 tersebut. Pada leg pertama skuad asuhan Diego Simeone menang 4-2 dan mereka gagal membalaskannya untuk leg kedua di Spanyol.

Di Liga Spanyol Kiper Rp1,5 Trilyun Ini Kebobolan Dua Gol

Sebenarnya catatan Jan Oblak di Liga Spanyol tak seheroik ini. Pada laga terkini Los Rojiblancos pekan lalu, Atletico kebobolan dua gol saat melawan Eibar. Skor akhir 3-2. Namun dalam dua laga sebelum itu kiper berusia 26 tahun tersebut mencatatkan dua kali hasil clean sheet, saat timnya menjamu Getafe dan menang 1-0 serta 1-0 lagi pada laga pekan selanjutnya di Leganes. Jadi permainan terbuka skuad Diego Simeone saat mencari gol pertama menyebabkan mereka kebobolan dua gol dalam rentang 12 menit di babak pertama.

Slovenia akan menjamu Polandia dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 nanti malam. Skuad yang dibela oleh Jan Oblak itu saat ini menduduki urutan kelima Grup G. Sebuah kemenangan atas pemimpin grup itu akan menghantarkan Slovenia sama poin dengan Israel yang saat ini berada di urutan kedua klasemen Grup G. 

Berita Lainnya

Index