Mobil Esemka Miliki Spesifikasi Mirip Mobil Cina?

Ahad, 08 September 2019 - 15:11:08 WIB Cetak

JAKARTA - Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sebagai pemegang merek Esemka boleh bernapas lega usai meresmikan pabrik dan produk perdananya dirilis ke muka umum. Hal ini menjadi bukti sekaligus menjawab keraguan publik bahwa Esemka bukan mobil bohong-bohongan.

Pembuktian yang juga menjadi pernyataan Esemka serius masuk ke pasar otomotif Tanah Air disaksikan langsung Presiden Joko Widodo yang datang ke acara peresmian di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Namun di tengah ingar-bingar merek lokal tersebut, jati diri mobil-mobil Esemka justru diragukan lagi. Dugaan mobil Esemka mencontek produk China kembali mencuat.
 
Pikap Esemka Bima diduga punya kemiripan dengan produk China, Changan Star Truck. Beberapa desain eksterior kedua produk itu dianggap serupa dan jika melihat ke spesifikasi teknis menyatakan hal yang sama.

Misalnya pada mesin, Bima 1.2 memiliki jantung pacu E-Power I4 berkubikasi 1.243 cc DOHC dengan daya maksimum 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm.
 
Mengutip situs resmi Changan Global, Star Truck dibekali mesin E-Power I4 1.243 cc DOHC, tenaga 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm.

Komparasi ini bikin Bima disangka cuma hasil rebadge atau ganti emblem Star Truck.

Entah sengaja atau kebetulan, hal tersebut belum diakui pihak SMK.

Hal seperti ini bukan pertama kali terjadi pada Esemka. Pada awal 2018 mobil berlogo Esemka dengan nama Garuda 1 sempat bikin geger setelah foto penampakannya tersebar di dunia maya. Mobil itu berwarna putih dan dipahami jenisnya Sport Utility Vehicle (SUV).

Penampakan Garuda 1 dinilai punya kemiripan dengan SUV asal China, Foday Landfort. Kedua produk ini memiliki banyak kesamaan di bagian eksterior. Misalnya, desain pintu belakang, rear upper spoiler, list chrome, wiper, stop lamp, bumper sampai ke reflektor.

Kemudian di bagian sampingnya kembali memiliki kemiripan. Mulai dari pilar A hingga C desainnya sama persis. Bentuk kaca kecil di belakang pilar C pun mirip dan gagang pintu juga terlihat sama.
 
Pikap Esemka Bima diduga punya kemiripan dengan produk China, Changan Star Truck. Beberapa desain eksterior kedua produk itu dianggap serupa dan jika melihat ke spesifikasi teknis menyatakan hal yang sama.

Misalnya pada mesin, Bima 1.2 memiliki jantung pacu E-Power I4 berkubikasi 1.243 cc DOHC dengan daya maksimum 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm. Mengutip situs resmi Changan Global, Star Truck dibekali mesin E-Power I4 1.243 cc DOHC, tenaga 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm.

 
Di peresmian pabrik Esemka, Garuda 1 juga dipamerkan dan lagi-lagi memperlihatkan sosoknya serupa Landfort. Keduanya terlihat hanya beda emblem dan detail-detail kecil.

Saat ditemui pada Agustus, sebelum peresmian pabrik, Presiden Direktur SMK Eddy Wirajaya menuturkan pihaknya hanya memanfaatkan beberapa komponen impor untuk membuat produk. Komponen itu dikombinasikan dengan komponen lokal untuk dijadikan sebuah kendaraan.

"Itu beberapa part terurai beli dari luar dan kolaborasi lokal, jadi kami training ke anak-anak," kata Eddy singkat.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+