Ini Rangkaian Proses Pemakaman Almarhum BJ Habibie

Ini Rangkaian Proses Pemakaman Almarhum BJ Habibie

JAKARTA - Jenazah Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie saat ini berada di rumah duka Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Rencananya, jenazah BJ Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Menurut Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie akan diserahkan dari pihak keluarga ke pemerintah. Upacara penyerahan jenazah Habibie itu akan berlangsung di rumah duka pada pukul 12.30 WIB.

"Selanjutnya pada pukul 13.00 WIB, jenazah diberangkatkan dari rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII / 3 Jaksel menuju TMP Kalibata," kata Rubijanto dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Sesampainya di TMP Kalibata, prosesi pemakaman BJ Habibie akan digelar. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi inspektur dalam upacara tersebut.

"Pukul 13.30 WIB, Prosesi Upacara Pemakaman Jenazah di TMP Kalibata. Inspektur upacara Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo," ucap Rubijanto.

Karangan Bunga membanjiri kediaman Presiden ke-3 Republik Indonesia, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII, Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019) malam. Pengirimnya dari sejumlah tokoh.

Beberapa diantara terpampang nama-nama besar seperti Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesdan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hingga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Seluruh karangan bunga menghiasi kediaman BJ Habibie dan sekitarnya. Wanginya sangat semerbak menyengarkan hidung.

Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat Rabu (11/9/2019), sekitar pukul 18.05 WIB. Sang putra, Thareq Kemal Habibie menyebut, tim dokter RSPAD sudah berbuat yang terbaik.

"Tim dokter sudah berbuat terbaiknya, tidak bisa dibuat apa-apa lagi, mohon doanya," kata Tahreq dalam konferensi pers di RSPAD, Selasa (11/9/2019).

BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun. Dia merupakan tokoh intelektual yang menjadi Presiden ke-3 RI. Habibie wafat karena gagal jantung.

Berita Lainnya

Index