Dewan Minta Puskesmas di Pekanbaru Tingkatkan Layanan Kepada Masyarakat

Dewan Minta Puskesmas di Pekanbaru Tingkatkan Layanan Kepada Masyarakat
Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PKS

PEKANBARU - Setiap puskesmas dan pusat layanan kesehatan lainnya yang ada di Kota Pekanbaru diharapkan lebih meningkatkan layanan kepada masyarakat, terutama bagi masyarakat yang terpapar kabut asap seperti Inspeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan berbagai keluhan lainnya.

Bahkan 21 Puskesmas di Pekanbaru yang sudah membuka posko penanggulangan asap diharapkan bisa membuat kondisi posko senyaman mungkin, sesuai standar dan kebutuhan masyarakat atau pengsi. 

"Posko-posko yang disediakan masing-masing puskesmas diharapkan bisa memberikan layanan yang maksimal, alkes yang lengkap seperti oksigen untuk membantu masyarakat yang mengelukan sesak nafas, tercukupinya obat-obatan atau vitamin, termasuk posko juga harus steril dan dingin sehingga masyarakat lebih nyaman," kata anggota DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Isa Lahamid.

Sementara itu, Kartini anggota dewan lainnya juga menambahkan, jika kondisi memungkinkan posko yang ada di puskesmas-puskesmas bisa memberikan asupan tambahan atau cemilan kepada mayarakat atau pengsi.

"Setidaknya ada disediakan air minum, roti atau buah-buahan, karena dengan kondisi kabut asap seperti sekarang ini kita membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dan istirahat yang cukup," ujarnya 

Disamping itu, Kartini juga menghimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas diluar, dan senantiasa menggunakan masker sebagai langkah antisipasi terpapar kabut asap yang menyebabkan ISPA.

"Kurangi aktivitas diluar rumah, jikapun harus keluar tetap gunakan masker, perbanyak minum air putih, karena dari informasi yang kita terima dari pihak puskesmas hanpir 90 persen pasien yabmng datang berobat mengeluhkan ISPA, makanya perlu peran serta masyarakat untuk melakukan antisipasi atau pencegahan," pungkasnya. 

Berita Lainnya

Index