Inggris Catat Kekalahan Pertama dalam 10 Tahun!

Inggris Catat Kekalahan Pertama dalam 10 Tahun!

PEKANBARU - Hasil kualifikasi Euro 2020 antara timnas Republik Ceska versus timnas Inggris di Praha berujung kekalahan tim tamu dengan skor 1-2.

Timnas Inggris bertamu ke markas Rep Ceska di Stadio Sinobo, Praha, dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 Grup A, Jumat (11/10/2019) atau Sabtu dini hari WIB.

The Three Lions memperoleh gol melalui lesakan penalti kapten Harry Kane saat laga baru memasuki menit kelima.

Namun, keunggulan prematur itu pupus pula oleh gol penyeimbang kilat dari Rep. Ceska.

Tuan rumah menyamakan kedudukan melalui gol Jakub Brabec empat menit kemudian.

Malah Ceska membalikkan keadaan dengan bikin gol kedua dari aksi Zdenek Ondrasek lima menit jelang waktu normal habis.

Kekalahan di Praha ini menunda kelolosan timnas Inggris ke putaran final Euro 2020.

Pasukan asuhan Gareth Southgate masih memuncaki klasemen dengan raihan 12 poin dari 5 pertandingan.

Sementara Rep Ceska berada di bawahnya dengan koleksi angka sama, tapi kalah produktivitas head to head.

Hal lain yang dipetik dari pertandingan ini adalah pupusnya rekor sempurna Inggris yang sebelumnya selalu menang dalam 4 pertandingan awal kualifikasi Euro 2020.

Ini juga merupakan kekalahan pertama Inggris dalam laga kualifikasi Euro/Piala Dunia sejak ditekuk Ukraina, 10 Oktober 2009!

Jalannya Pertandingan

Timnas Inggris memulai gebrakan secara cepat dengan tumpuan serangan di trio Harry Kane, plus dua sayap lincah, Raheem Sterling dan Jadon Sancho, di lini depan.

Akselerasi Sterling yang menusuk ke area penalti lawan dihentikan paksa oleh pemain Ceska, Lukas Masopust, hingga terjadi pelanggaran berbuah eksekusi 12 pas buat Inggris.

Kane yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan dengan menciptakan gol pertama dalam laga ini.

Bagi Kane, itulah gol penalti kesembilan yang dia ciptakan buat timnas Inggris, rekor terbanyak bersama Frank Lampard sepanjang sejarah Three Lions.

Namun, keriaan tim tamu berlangsung sesaat saja karena Ceska mampu menyamakan kedudukan tak lama kemudian.

Selang lima menit, Brabec menggetarkan jala gawang kawalan Jordan Pickford setelah meneruskan umpan Ondrej Celustka yang bermula dari korner Jakub Jankto.

Timnas Inggris keteteran menghadapi perlawanan tuan rumah.

Opta mencatat ada 10 tembakan yang dilesakkan pasukan Ceska di babak pertama yang menghujani pertahanan Harry Maguire cs.

Memasuki babak kedua, tanda-tanda kelelahan meghantui Inggris.

Pickford berjasa menggagalkan dua peluang on target Ceska dari Masopust dan Alex Kral.

Hingga petaka pun terjadi di menit ke-85 saat pemain pengganti Zdenek Ondrasek mencetak gol penentu kemenangan tuan rumah.

Timnas Inggris pun harus merelakan rekor fantastis mereka yang tak terkalahkan dalam laga kualifikasi Euro/Piala Dunia selama 10 tahun tercoreng.

Sebelumnya, dalam rentang 10 tahun itu Inggris melalui 43 pertandingan kualifikasi dengan hasil 34 kemenangan dan 9 kali imbang.

Rep Ceska 2-1 Inggris (Jakub Brabec 9', Zdenek Ondrasek 85'; Harry Kane 5'-pen.)

Rep Ceska (4-2-3-1): 1-Tomas Vaclik; 5-Vladimir Coufal, 3-Ondrej Celustka, 4-Jakub Brabec, 18-Jan Boril; 21-Alex Kral, 15-Tomas Soucek; 20-Lukas Masopust, 8-Vladimir Darida, 14-Jakub Jankto; 19-Patrik Schick.

Pelatih: Jaroslav Silhavy

Inggris (4-3-3): 1-Jordan Pickford; 2-Kieran Trippier, 5-Michael Keane, 6-Harry Maguire, 3-Danny Rose; 8-Jordan Henderson, 4-Declan Rice, 11-Mason Mount; 7-Raheem Sterling, 9-Harry Kane, 10-Jadon Sancho.

Pelatih: Gareth Southgate.

Berita Lainnya

Index