Firdaus: Gedung Kejati Riau Semakin Mempercantik Wajah Kota Pekanbaru

Firdaus: Gedung Kejati Riau Semakin Mempercantik Wajah Kota Pekanbaru
Walikota Pekanbaru, Firdaus saat bersama Gubernur Riau Syamsuar di sela acara peresmian Gedung Kejati Riau.

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Firdaus berharap keberadaan Gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau di Jalan Jenderal Sudirman semakin mempercantik wajah Kota Pekanbaru.

Mantan Kepala Dinas PU Riau ini menyebut, jika arsitek Gedung Kejati yang unik dan minimalis serta berhadap-hadapan dengan Kantor Gubernur Riau, Bank Riau-Kepri dan Perpustakaan Wilayah telah memberikan nuansa bahwa Pekanbaru merupakan kota yang sangat menarik.

"Sehingga kehadiran gedung ini akan memberikan kemajuan pembangunan di Kota Pekanbaru. Untuk itu, kita sampaikan terima kasih kepada Kejagung, Kejati dan pemerintah provinsi," katanya.

Dengan gedung yang cantik serta dilengkapi fasilitas yang memadai, Firdaus berharap mampu memotivasi pegawai di Kejati Riau dalam meningkatkan kinerja guna memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat di Provinsi Riau.

"Harapan kita tentu sama seperti yang disampaikan dalam pidato Kejagung dan bapak gubernur. Dengan sarana yang memadai, akan berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya.

Gedung Kejati Riau setinggi 8 lantai di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru ini diresmikan secara langsung oleh Jaksa Agung HM Prasetio, Kamis (17/10/2019) kemarin. 

Sementara itu, Jaksa Agung HM Prasetyo disela-sela acara usai meresmikan gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau senilai Rp129 miliar di Kota Pekanbaru, mengucapkan penghargaan dan terima kasih atas bantuan yang diberikan semua pihak, terutama Pemprov Riau, yang mengalokasikan anggaran untuk pembangunan gedung Kejati Riau.

Bangunan yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru itu menggantikan gedung Kejati Riau yang lama. Selain itu, Pemprov Riau juga menghibahkan lahan di Jalan Sumatera menjadi bagian dari kompleks tersebut.

Jaksa Agung menjelaskan pembangunan gedung Kejati Riau tersebut sepenuhnya dibiayai dari APBD Provinsi Riau, awalnya digagas oleh Arsyadjuliandi Rachman yang pada 2018 menjabat Gubernur Riau, dan tahap penyelesaiannya pada 2019 dilanjutkan oleh Gubernur Riau Syamsuar.

HM Prasetyo memerintahkan jajarannya, bahwa dengan berdirinya gedung Kejati Riau yang baru seharusnya diisi oleh korps Adhyaksa yang punya dedikasi dan etos kerja tinggi, serta ketulusan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas guna memberikan pelayanan pada masyarakat dalam mendapatkan keadilan.

"Tegaknya bangunan ini harus berbanding lurus dengan tegak dan kokohnya hukum dan keadilan di daerah ini," kata HM Prasetyo.

HM Prasetyo menyebutkan ada beberapa permasalahan yang harus mendapat perhatian khusus dari jajarannya, di antaranya kejahatan terkait narkoba, korupsi, dan kejahatan lingkungan seperti kebakaran hutan dan lahan.

"Investasi banyak masuk ke daerah ini, namun kelestarian lingkungan harus tetap dijaga," ujarnya. (ADVERTORIAL)

Berita Lainnya

Index